Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah untuk Keamanan akun Gmail

Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah untuk Keamanan akun Gmail

Pentingnya Keamanan Akun Gmail

Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah – Semakin canggih teknologi bukan berarti para hacker atau penjail sebuah akun seperti sosial media bahkan akun email sekalipun sudah tidak bisa membobol hal tersebut, semakin canggih keamanan teknolgi yang berkembang, akan semakin canggih pula tools yang digunakan oleh para penjail tersebut, untuk itu google dari dulu memberikan fitur yang menarik terhadap layanan akun gmail mereka, google memberikan fitur yaitu dengan membuat keamanan tambahan terhadap pengguna akun gmail yaitu dengan fitur verifikasi 2 langkah untuk keamanan akun gmail, seperti apa verifikasi 2 langkau tersebut? dan apa kegunaanya? berikut akan saya ulas secara lengkap mengenai verifikasi 2 langkah untuk keamanan sebuah akun gmail milik Google.

Tentang Verifikasi 2 Langkah Gmail

Verifikasi 2 Langkah Gmail merupakan sebuah fitur yang diberikan oleh google kepada pengguna layanan akun gmail yang bertujuan akan memberikan keamanan lebih terhadap akun gmail si pengguna, sistem kerja dari verifikasi 2 langkah akun gmail ini yaitu pengguna akan memasukkan nomer hp ke akun gmail setelah itu pihak google akan memvalidasi nomer tersebut apakah benar-benar milik anda atau tidak setelah itu google memverifikasi dan akun gmail anda sekarang sudah dalam pengamanan. untuk masuk ke akun gmail anda pada komputer lain maka anda harus melakukan pengiriman kode ke nomer hp anda untuk divalidasi ke gmail anda tersebut. apabila anda tidak bisa memasukkan kode yang diberikan google maka anda tidak bisa masuk ke akun gmail tersebut. nah disini kegunaan keamanan ini. selain pemilik akun tidak akan bisa masuk ke akun gmail tersebut oleh karena itu saya menganjurkan untuk memberikan pengamanan terhadap akun gmail anda tersebut untuk melindungi data dan berbagai akun anda lainnya, kan biasanya akun email itu saling berkaitan dengan akun sosial media lainnya kan?

Kegunaan Verifikasi 2 Langkah Gmail

Google memberikan fitur pasti mempunyai tujuan dan alasan yang jelas, berikut kegunaan kenapa anda harus melakukan verifikasi 2 langkah terhadao akun gmail anda :

  • Memberikan tingkat keamanan terhadap akun gmail
  • Akun yang berkaitan dengan email anda akan ikut aman seperti facebook, instagram, termasuk layanan google lainnya.
  • Hanya pemilik akun yang bisa masuk dengan nomor hp yang mereka punya tersebut.
  • Orang lain tidak akan bisa membobol akun gmail anda
  • Jauh dari hack dan jail orang lain

Namun  banyak orang bertanya, apakah setelah saya mengaktifkan verifikasi tersebut dan saya kehilangan nomor telepon itu bagaimana? nah anda tidak bisa masuk ke akun gmail anda kecuali anda sudah login ke gmail anda di komputer sebelumnya, namun intinya anda harus menyelesaikan masalah nomor telepon anda tersebut. anda harus menccari cara bagaimana mendapatkan nomer telepon yang dijadikan verifikasi tersebut, tanpa nomor telepon anda tidak akan bisa masuk ke akun gmail anda tersebut. sangat aman bukan? lalu bagaimana cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah ini? mari kita simak dibawah.

Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah agar terhindar dari Pembobolan

Berikut akan saya jelaskan mengenai step-step mengaktifkan verifikasi 2 langkah untuk keamanan akun gmail agar terhindar dari kegiatan pembobolan :

1. Pertama sebelum mempraktekkan pastikan anda mempunyai akun gmail dulu ya 😀

2. Kunjungi Setelan Gmail atau Setelan baru Gmail

3. Setelah anda masuk ke setelah akun gmail, maka anda dihadapu dengan tampilan seperti pada gambar dibawah, setelah itu anda klik Masuk & Keamanan.

Mengaktifkan Verifikasi Akun Gmail

4. Setelah itu anda akan masuk ke halaman lain, lalu scroll kebawah dan anda akan ketemu dengan tampilan dibawah, klik saja yang ditunjuk oleh anak panah tersebut.

Baca Juga : 

Keamanan Akun Gmail

5. Lalu pilih mulai seperti pada gambar dibawah.

MengaktiMengaktifkan Verifikasi 2 Langkah untuk Keamanan Akun Gmailfkan Verifikasi 2 Langkah untuk Keamanan Akun Gmail

6. Setelah itu anda akan diminta untuk masuk kembali ke akun gmail anda, silahkan masukkan password anda lalu pilih masuk

Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah untuk Keamanan Akun Gmail 2

7. Setelah itu akan tampil tampilan seperti berikut, isikan nomer handphone anda. lalu pilih metode pengiriman kode verifikasi bisa melalui SMS atau telepon, biasanya saat menggunakan metode sms akan lama masuknya. setelah itu pilih cobalah

Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah untuk Keamanan Akun Gmail 3

8. Setelah itu masukkan kode verifikasi yang anda dapatkan tersebut lalu pilih selanjutnya

Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah untuk Keamanan Akun Gmail 4

9. Setelah itu pilih aktifkan

Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah untuk Keamanan Akun Gmail 5

Selamat verifikasi 2 langkah untuk keamanan akun gmail anda berhasil di aktifkan, apabila masih ada yang kurang jelas bisa anda tanyakan pada komentar dibawah ya. Baca Juga : Cara Membuat Blog 

2 KOMENTAR

Masukkan Balasan

*