Gaya Hidup Seorang Mahasiswa Rantau dalam Menjalani Keseharian

Gaya Hidup Seorang Mahasiswa Rantau dalam Menjalani Keseharian

Cara Seorang Mahasiswa Mengatasi Penyakit Pengganggu

Aktivitas gaya hidup seorang mahasiswa rantau memang terbilang kurang baik, apalagi adanya tugas kejar deadline menambah pikiran serta meningkatkan intensitas kerja dari pagi hingga sore atau bahkan hingga larut malam, aktivitas tersebut kadang menimbulkan berbagai gejala yang menurunkan daya tahan tubuh, mulai dari menurunnya tingkat produktivitas hingga menurunnya fungsi kekebalan tubuh.

Sebagai mahasiswa tentu pernah mengalami hal tersebut bahkan hingga saat ini saya melakukan aktivitas yang notabennya dapat menimbulkan penyakit yang dapat merugikan diri sendiri, pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman pribadi yang berkaitan dengan aktivitas keseharian yang saya lakukan selama menjadi seorang mahasiswa dan tips agar tetap bugar dalam menjalankan aktivitas yang berlanjut.

Gaya Hidup Mahasiswa Rantau Rentan Penyakit

Sebagai mahasiswa jurusan teknik industri yang terkenal dengan ganasnya tugas praktikum dan berbagai kegiatan lainnya , saya dihadapi dengan suatu kondisi yang sangat sulit yaitu harus bergadang dan hampir setiap malam mengerjakan laporan, saya mengerti bahwa rutinitas tersebut akan dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh. Ya mau gimana lagi, itu sudah menjadi kewajiban seorang mahasiswa seperti saya.

Siklus hidup seorang mahasiswa rantau yang tinggal di sebuah kamar sewaan 3x3m alias kamar kos, saya selalu dihadapi dengan aktivitas yang tak lain seperti kuliah, penelitian, praktikum, tugas kuliah, laporan, dan nongkrong. Selain itu, saya aktif membuat konten untuk youtube dan blog.

Semua jadwal dari aktivitas tersebut harus saya atur sedemikian rupa agar lebih terjadwal meski kadang waktu tidur berkurang karena ada aktivitas yang membutuhkan waktu yang lebih seperti ngerjakan laporan praktikum dan penelitian.

Aktivitas Gaya Hidup Sehari hari

Jam 5.00 pagi hari , saya sudah memulai aktivitas seperti mencuci pakaian, Selanjutnya dari jam 7.30 bergegas ke kampus dengan harapan dosen membatalkan perkuliahan, maklum semaleman begadang tidak tidur mengerjakan laporan praktikum. aktivitas kuliah seperti ini saya lakukan dari hari senin hingga jum’at, terkadang lupa untuk sarapan karena warung pinggir jalan masih belum buka.

Herbadrink Penunjang Kuliah

Dengan durasi waktu kuliah 4-8 jam per hari, intensitas kerja otak dan ototpun terus bekerja selama seharian penuh yang mengakibatkan rasa lelah berlebih, terkadang teman-teman bilang kalau saya kusut banget kalau sudah jam 12.00, ya maklum saja rutinitas tersebut sangat melelahkan apalagi masih belum makan.

Tugas dan Laporan

Selain aktivitas diatas, mengerjakan laporan dan tugas adalah rutinitas saya sebagai mahasiswa, setelah melakukan praktikum biasanya selanjutnya ada brifing pengolahan data untuk hasil praktikum yang dikerjakan, setelah brifing baru mengerjakan laporan sesuai dengan brifing pengolahan data yang sudah dilakukan sebelumnya, dan biasanya brifing dilaksanakan di jam 19.00 hingga 21.00.

Mau tidak mau ngerjakan laporannya dari jam 21.00 sampai selesai, tidak jarang mengerjakan laporan hingga jam 6 Pagi, yang mana selanjutnya harus pergi ke kuliah. Dalam mengerjakan laporan biasanya saya kelompokan bareng teman baik dikampus atau di warkop, tapi lebih sering di warkop, itung-itung sambil nongkrong ๐Ÿ™‚

Ngeblog Ngevlog

Selain aktivitas yang membosankan dan penuh dengan deadline, saya selalu menyempatkan diri untuk berkarya baik melalui konsep cerita di blog ataupun dalam bentuk video, sebagai seorang blogger yang harus konsisten membuat konten saya harus tetap membuat artikel meskipun deadline tugas sangat banyak, minimal 3 artikel harus dipublish setiap harinya untuk 10 blog yang saya kelola, berbagai kategori yang berbeda setiap konten blog mengharuskan saya untuk mencari referensi sebanyak-banyaknya dari sumber terpercaya, biasanya dalam mencari referensi saya memanfaatkan waktu istirahat saat kuliah untuk pergi ke perpustakaan atau ruang baca dengan maksud menambah wawasan.

Tahap Persiapan Membuat Konten Video

Selain menjadi blogger, saya juga mencoba terjun di dunia videografi, berbeda dengan konten artikel, dalam dunia videografi lebih menantang, selama seminggu biasanya saya hanya bisa membuat konten 1 atau 2 video yang memang benar-benar terkonsep. Jenis video yang saya buat untuk konten youtube yaitu mulai dari video pembelajaran, tutorial bahkan film pendek dengan Cinematic Style.

Dimulai hari pertama yaitu mencari referensi baik dengan selancar maya di video orang lain atau sekedar membaca cerita komik, setelah menemukan ide yang pas lalu mulai ke tahap pre production yakni mengonsep sesuai dengan ide yang saya dapatkan tadi, lalu ke pemilihan latar dan waktu, untuk hal ini biasanya saya harus melakukan survey terlebih dahulu ke lapangan untuk mengetahui kondisi lapangan dan cahaya dilokasi, dihari ketiga biasanya saya melakukan take di lokasi pertama dan berlanjut ke lokasi kedua apabila waktunya memungkinkan.

Setelah selesai pre production selanjutnya yakni ke post production, yang pertama dilakukan yaitu menyeleksi video yang mendukung konsep, setelah itu melakukan color correction serta color grading terhadap warna video sesuai suasana. selanjutnya yaitu melakukan pengecekan atau memperbaiki audio rekaman, dan langkah yang terakhir yaitu finishing serta membuat efek yang dibutuhkan.

Yang paling melelahkan dalam membuat konten video yaitu saat membawa barang bawaan yang berat banget, bayangin saja setiap mau take video harus bawa 2 kamera DSLR, 2 Lightstand, 3 Tripod, Slider dan Steadycam, yang kalau ditimbang beratnya mencapai 8-10 kg. Rahasia saya tetap bugar dalam menjalani aktivitas tersebut akan saya ceritakan pada poin selanjutnya yaitu bagaimana saya mengatasi kelelahan agar tetap lancar menjalani semua rutinitas tersebut.

Gejala Penyakit yang mengganggu aktivitas

Kesibukan menjalankan berbagai aktivitas diatas sangat melelahkan bahkan bisa terserang penyakit, seperti menurunnya fungsi kekebalan tubuh bahkan kalau keseringan begadang dan merokok dapat menurunkan fungsi kerja hati, setelah menjalankan aktivitas diatas selama 4 semester, tak terasa gejala penyakit mulai menghantui tubuh seperti haus yang berlebih, merasa kedinginan, bau mulut tidak sedap, sering sakit kepala, cepat lelah, lesu, stress, menurunnya nafsu makan hingga terkadang rasa nyeri di bagian ulu hati.

Tak disadari bahwa gejala tersebut kadang membuat saya terganggu dalam menjalani aktivitas saya yang lainnya, menurunnya daya tahan tubuh yang cepat lelah berdampak produktivitas saya membuat konten blog dan youtube semakin menurun selain itu saya juga mulai tidak percaya diri saat pergi kuliah karena tampak kusut dan tidak bergairah sama sekali dengan mata panda yang melengkapi.

Cara agar tetap lancar menjalani aktivitas

Tak sama halnya seperti saat saya dekat dengan orang tua, ketika nafsu makan menurun orang tua saya sering membuatkan saya jamuan herbal tradisional seperti beras kencur dan temulawak selain menghangatkan tubuh ternyata ramuan tersebut sangat ampuh meningkatkan nafsu makan bahkan dapat memelihara kesehatan fungsi hati. Biasanya ibu saya membuat jamuannya dengan mengambil temulawak di belakang rumah lalu membersihkannya dan merebusnya dengan air hangat.

Tapi karena sekarang saya jauh dari orang tua, sayapun harus mencari alternatif yang lebih mudah untuk tetap mengkonsumsi jamuan herbal tradisional tersebut, tak sengaja kemaren melihat mobil Herbalife didepan kosan yang dibawahnya ada gambar produk Herbadrink varian Sari Temulawak, mungkin itu hanya minuman biasa pikirku, tak mau berlama lama, saya pun pergi ke apotek untuk mencari jamuan yang mengandung temulawak.

 

Ada beberapa jenis obat-obatan di apotek yang mengandung temulawak seperti kapsul, tablet, sirup, tapi kata apotekernya biasanya ada yang serbuk juga, tapi waktu itu saya kurang beruntung karena sudah kehabisan, Alhasil saya mendapatkan produk serbuk Herbadrink sari Temulawak di Alfamidi, saya lebih memilih yang serbuk karena dapat diseduh kapanpun dan bisa di nikmati dengan air dingin atau hangat.

Dalam menjalankan aktivitas yang melelahkan, sejak mengenal herbadrink hingga sekarang saya terus mengkonsumsi jamuan tersebut untuk menunjang aktivitas, biasanya saya mengkonsumsi minuman ini diwaktu pagi hari yang diseduh dengan air hangat, tapi kalau waktu siang biasanya saya menikmantinya dengan air dingin karena lebih segar ketubuh.

Herbadrink

Dalam kurun beberapa minggu setelah saya mengkonsumsi minuman ini, tubuh terasa bugar kembali, take video di keramaian pun sekarang lebih percaya diri karena wajah tampak lebih fresh dan tidak kusut. Apalagi kalau baru bangun tidur tubuh terasa nyaman dan mata yang biasanya panas, sekarang lebih baik.

Sejak minuman herbadrink menjadi penunjang aktivitas saya, produktivitas lebih meningkat bahkan kinerja dalam membuat konten blog bisa sampai 10 artikel per hari, terhitung dari bulan Desember 2016 penghasilan blogpun meningkat cukup signifikan dari 9 juta/bulan ke 12 juta/bulan dari total 10 blog yang terpasang iklan google adsense.

 

Manfaat Herbadrink Sari Temulawak

Manfaat Herbadrink Sari Temulawak

Minuman herbal ini memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk menjaga fungsi kesehatan hati, karena dibuat dari bahan-bahan rempah alami dengan teknologi modern, sehingga apabila di seduh dengan air, ampasnya sangat sedikit. Manfaat tersebut muncul tentunya karena kandungan zat yang ada di sari temulawak, Menariknya selain manfaat pengobatan ternyata sari temulawak bermanfaat sebagai perawatan kulit serta mencegah penuaan dini.

Mari dari sekarang kita lebih memperhatikan kesehatan dan dampak dari rutinitas yang kita lakukan, konsumsi minuman herbal alami yang menyehatkan untuk menunjang segala aktivitas agar produktivitas terus meningkat, sayangi tubuh kita, dan ajak semua sahabat kita untuk sehat bersama, tumbuh bersama dan SUKSES BERSAMA!..

Sekian.. dan Semoga Bermanfaat..

VIDEO BUATAN SENDIRI

Resensi Singkat : Gaya hidup seseorang yang tidak sehat dampak dari rutinitas yang dilakukan seperti begadang, minum alkohol mengakibatkan produktivitas menurun. Tapi setelah rekomendasi dari temannya untuk mengkonsumsi Herbadrink, minuman alkohol beralih ke minuman herbal yang menyehatkan serta rutinitas burukpun berubah menjadi produktivitas dalam membuat konten untuk youtube atau vlogging.

Herbadrink Blog Compeition: Life Style Story with Sari Temulawak

39 KOMENTAR

  1. Memang bener, temulawak memiliki banyak khasiat, malah dari turun temurun keluarga saya sudah minum seduhan temulawak, btw di indomaret ada gak?

  2. Oalah ini take videonya pas di taman kampus ya? kemaren ngeliat sampean bawa peralatan banyak soalnyaa..

  3. Wihh infographicnya bikin gak nahan kang ๐Ÿ™ minderr minderr, salut buat master! kemaren saya lihat youtube channelnya km kang, udah 5K subscriber ya?

    • Iya, khusunya untuk mahasiswa rantau, biasanya kan males banget tuh buat nyeduh temulawak, ini alternatifnya!

  4. Sangat bermanfaat, informatif banget tulisannya, selain memberikan info tentang sari temulawak, akhirnya saya tahu cara take video, ternyata ada beberapa tahapan..

  5. Waahh cocok untuk para blogger yang sering begadang nihh, iya bener kadang sakit di bagian ulu hati :9

Masukkan Balasan

*