Kebebasan Menembus Batas Berkarya dengan ASUS VivoBook Ultra A412DA

Kebebasan Menembus Batas Berkarya dengan ASUS VivoBook Ultra A412DA

Asus VivoBook Ultra A412DA

Dalam pikiran generasi millenial, berkarya adalah salah satu tren yang menjadi target capaian diera sekarang. Berbagai macam karya terlahir dari generasi yang memiliki ambisi dan semangat kerja ini.

Berkarya tidak hanya soal apa yang diciptakan, melainkan yang terpenting ada nilai manfaat didalamnya. Berbagai cara pun dilakukan oleh generasi ini untuk menciptakan sebuah karya. Pemanfaatan teknologi adalah keunggulan dari generasi millenial ini. Tak heran bila generasi ini sering bermunculan diberbagai media seperti youtube ataupun instagram.

Seperti generasi millenial lainnya. Saat ini saya lebih memilih menjadi seorang blogger, youtuber, pebisnis online dan freelancer. Menjadi seseorang yang full time didunia digital, mengharuskan saya untuk mengikuti tren atau perkembangan teknologi. Melakukan riset, perencanaan, mengolah data, desain hingga coding adalah aktiivtas saya setiap harinya.

Pada artikel ini, Izinkan saya untuk bercerita aktivitas menjalankan keseharian sebagai seseorang yang fulltime di dunia online.

Bekerja Fulltime Online

Pagi hari, tepat jam 7.30 saya memulai berbagai aktivitas. Bertujuan untuk menciptakan sinergi maka saya lebih memilih bekerja secara independet di sebuah Co Working Space, Koridor Gedung Siola Surabaya. Tempat tersebut ibarat sebuah kantor bagi saya sebagai seseorang yang bekerja secara mandiri.

Hampir setiap hari keseharianku dihabiskan di tempat tersebut. Saya sangat senang bekerja disana, setiap hari bertemu dengan orang yang memiliki passion sama, membuat kita saling mendukung baik secara moral ataupun teknis. Tak jarang, kita saling berbagi pengalaman dan wawasan serta prinsip kerja.

Ditempat tersebut pula saya mengenal dengan orang berbagai latar belakang, tapi sih mayoritas kerja sebagai freelancer, mulai dari designer, programmer hingga animator. Berinteraksi, berelasi dan berkolaborasi adalah hal yang paling menyenangkan bekerja ditempat ini.

Mengingat pekerjaan saya selalu berkutat dengan teknologi, yang tak boleh ketinggalan adalah laptop. Laptop adalah perangkat yang wajib saya bawa setiap hari kapan dan kemanapun. Tak mengenal tempat mulai dari jalan-jalan ataupun sekedar nongkrong bareng teman. Oh iya tak terkecuali bila ada undangan festival atau acara ke luar kota.

Laptop itu sudah sekitar 5 tahun menemani perjalananku, meskipun dengan processor core i3 dengan layar terbesar dimasanya hehe, bobot tubuhnya hampir mencapai 2,5 kg yang terkadang membuat saya encok saat bepergian.

Sebagai Designer dan Youtuber

Dengan umurnya yang sudah hampir 5 tahun, terkadang saya merasakan keterbatasan dalam bekerja. Meskipun RAMnya sudah saya tambah menjadi 4 GB, tapi saya harus pasrah menunggu rendering video untuk konten youtube hampir 5 jam di Co Working Space. “Eh bro, ente kok dari tadi diem aje?” tanya teman disampingku. “Biasa, lagi render video” Seolah-olah tidak ada masalah hehe.

Di lain hari, ditempat yang sama. Ada 4 orang yang terlihat berdiskusi di dekatku, setelah beberapa jam, salah satu dari mereka menghampiri dan menawariku salah satu posisi didalam startup yang akan dirintis bersama-sama. Rupanya, mereka kekurangan anggota tim yakni seorang designer.

Suasana Coworking Space Koridor Surabaya
Suasana Coworking Space Koridor Surabaya

Tak berpikir panjang, akupun memutuskan bergabung sebagai salah satu anggota mereka yakni pada posisi designer frontend, saya menggunakan bootstrap untuk mendesain startup dan menggunakan software Adobe Photoshop, Corel Draw serta Ilustrator untuk mendesain icon, logo dan bahan yang dibutuhkan dalam layouting startup tersebut.

Lagi, lagi dan lagi. Laptopku tak mampu menanggung beban pekerjaannya. Padahal, multitasking harus saya lakukan untuk melakukan aktivitas desain tersebut. Dan untung, salah satu anggota tim bawa 2 laptop, lalu meminjamkannya. Dan hingga saat ini… Saya terus berkarya menciptakan desain pada setiap pembaharuan startup tersebut.

Sebagai Blogger dan Freelancer

Menjadi seorang blogger sudah saya tekuni sejak tahun 2015 silam, dan Laptop tersebut pula yang selalu menemaniku dari pagi hingga malam hari dalam membuat artikel hingga mengerjakan project pesanan dari klien.

Menjadi seorang blogger terbilang mengasikkan, selain membagikan tulisan yang informatif hingga pengalaman hidup kepada pembaca. Menjadi seorang blogger sering diajak jalan jalan oleh agency atau sekedar diundang untuk datang ke launching suatu produk.

Enak sih diundang kemana-mana, tapi… encok, bila harus menggendong laptopku itu, bagaimana tidak? Kalau diundang pada suatu acara launching produk, saya harus menempuh perjalanan yang cukup panjang dengan moda transportasi yang berbeda mulai dari ojek online, pindah ke kereta api, pindah lagi ke bus kota, eh pindah lagi ke ojek online hingga akhirnya sampai ke tempat berlangsungnya launching produk tersebut.

Tempat untuk launching produk biasanya bertempat di Hotel Mewah di Kota Besar. Terkadang, kita diminta untuk writing on the spot (nulis di tempat) tentang review produk yang sebelumnya sudah kita coba.

Membawa Laptop Saat Mendapat Undangan Sebagai Blogger dalam Menjajaki Suatu Produk
Membawa Laptop Saat Mendapat Undangan Sebagai Blogger dalam Menjajaki Suatu Produk

Disini tantangan baru bagi saya, saat diminta membuka laptop masing-masing. Saya sih seneng, tapi kadang minder ke blogger lainnya. Tau kenapa kan? Secara, blogger kota metropolis laptopnya bagus-bagus, ada yang laptopnya tipis ada pula yang memiliki lampu backlight di keyboardnya.

Kadang saya tidak percaya diri saat menulis. Di waktu awal menulis, saya sudah minta colokan hehe “Loh kok cepet habis kak baterainya?” tanya blogger jakarta disampingku. “Gpp kok bak, tadi lupa ngecharge hehe” balasku. Padahal sih itu alasanku saja, kenyatannya terkadang laptopku ini kalau mau dipakai harus sambil di charge, tapi kadang bisa berjalan normal kok.

Dari rangkaian pengalaman diatas. Saya harus menyadari bahwa laptopku saat ini sudah lanjut usia, masih hidup tapi tidak pada performa maksimalnya. Padahal laptop adalah Perangkat Utama bagi orang yang bekerja fulltime online seperti saya. Mungkin sebagian dari kalian juga punya pengalaman yang sama kan? Terus kira-kira laptop apa yang cocok menggantikan posisi laptop jadul tersebut? Tentunya harus menjawab semua kebutuhan mulai dari performa multi tasking yang mumpuni, elegant dan ringkas.

Salah satu rekomendasi laptop untuk melampaui kebebasan menembus batas dalam berkarya adalah ASUS VivoBook Ultra A412DA.

Asus VivoBook Ultra A412DA Hadir Menjawab Semua Kebutuhan

ASUS VivoBook Ultra A412DA seakan menjawab semua kebutuhan mobilitas pekerjaan yang saya lakukan. Laptop terbaru dari keluarga ASUS ini merupakan ultrabook paling ideal dikelasnya dengan kombinasi desain elegan, ringkas serta powerful. VivoBook Ultra A412DA merupakan generasi terbaru yang diluncurkan oleh ASUS. Banyak bagian yang diunggulkan dari tipe VivoBook ini. Berikut bagian yang saya suka dari VivoBook Ultra A412DA guna menunjang dalam bekerja:

Ringan, Rasa Nyaman dalam Bekerja

Mobilitas yang tinggi sebagai seorang blogger, VivoBook Ultra A412DA menjadi pilihan tepat dengan berat hanya 1,5 kg dan ketebalan 19,5 mm. Tak heran bila laptop ini dijuluki sebagai “The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook“. Dan menjadikan laptop ini sebagai tipe Vivobook paling ringkas dikelasnya.

Asus VivoBook Ultra A412DA Sangat Ringkas

Bagi blogger yang tak mengenal tempat dalam menulis konten tentu dengan adanya Vivobook ini produktiviatas akan terus berjalan kapanpun dan dimanapun berkat baterai polimer lithium 2 -Cell 37 Wh berkualitas untuk daya tahan dan komputasi sepanjang hari. Pengisian daya baterai hanya membutuhkan waktu 49 menit untuk mengisi baterai 60% berkat adanya fitur fast charging dengan dukungan teknologi eksklusif ASUS Baterai Health guna memastikan proses charging lebih aman pada pengisian yang berlebihan sehingga menjaga baterai dalam kondisi prima serta masa pakai baterai akan lebih panjang.

Fitur untuk kenyamanan bekerja sangat dipertimabangkan dalam tipe vivobook kali ini, tak perlu risau bila memaksa kita untuk bekerja dalam keadaan kurang cahaya karena keyboard laptop ini sudah dibenamkan backlit dengan key travel mencapai 1,3mm memberikan pengalaman mengetik yang sangat mengasikkan.

Desain kontruksi yang ringkas namun kokoh, keergonomisan tetap jadi hal terpenting dalam sebuah desain. Mengusung desain premium dengan engsel Ergolift dengan sudut kemiringan 2 derajat menjadikan pengalaman mengetik semakin baik. Maha karya Desain Ergolift dengan kemiringan yang tepat menjadikan sistem pendinginan VivoBook Ultra A412DA dapat bekerja optimal sehingga hardware didalam laptop akan bekerja secara maksimal. Tak hanya itu, fitur audio ASUS SonicMaster akan bekerja lebih baik berkat desain Ergolift ini yang akan berpengaruh pada respon speaker sehingga memberikan pengalaman mendengarkan atau menonton film lebih menyenangkan.

Colorful, Rasa Berwarna dalam Ruang Kerja

4 Pilihan Warna

Hadir dengan 4 pilihan warna colorful dan trendi yakni Transparent Silver, Slate Grey, Coral Crush dan Peacock Blue. Pilihan warna tersebut akan menambah level percaya diri saat ditempat umum. Bagi seorang blogger, pilihan tersebut akan sangat menarik sebagai properti atau bahan saat mengambil foto.

Terutama bagi blogger yang sering menulis on the spot, warna colorful pada laptop tersebut akan menjadi daya pikat tersendiri serta menjadi pusat perhatian berkat adanya gradiasi warna yang berubah-ubah bila dilihat dari sisi yang berbeda.

Sistem Keamanan, Rasa Aman dalam Sekali Sentuhan

Bekerja ditempat umum seperti coworking space, apabila kita pergi ke kamar mandi, tentu ada kekhawatiran laptop dibuka atau diintip oleh pengunjung lain. Namun, kekhawatiran tersebut ditepis oleh hadirnya sistem keamanan sensor sidik jari (fingerpprint) yang berada di sudut kanan atas touchpad. Kecepatan memindai cukup akurat dan cepat dalam mengenali sidik jari.

Windows Hello
Tampilan Windows Hello

Tak hanya itu, ASUS VivoBook Ultra A412DA juga memiliki fitur Windows Hello, sehingga anda dapat masuk ke tampilan utama lebih cepat dengan pemindai wajah dan sentuhan jari. Semua fitur tersebut guna memberikan rasa aman bagi pengguna terutama bagi pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Kecepatan yang dihasilkan dari kedua teknologi tersebut memberikan kesan simple, tak perlu mengetikkan password cukup dengan sekali sentuhan maka akan dengan mudah masuk pada sistem operasi (tampilan utama)

Sistem Keamanan A412DA

ASUS VivoBook Ultra A412DA telah menggunakan pre-installed Windows 10 asli, sehingga pengguna tidak perlu membeli sistem operasi lagi, apalagi menginstal OS bajakan. Manfaat lain, laptop akan jauh dari virus malware karena pada windows asli prioritas pembaharuan sistem akan terus berjalan serta kerja dari sistem keamanan berupa windows defender berjalan dengan baik.

Performa, Rasa Powerful Semakin Membahana

Dari segi dapur pacunya, ASUS VivoBook Ultra A412DA ditanamkan processor AMD® Ryzen™ 3 3200U Processor dan AMD® Ryzen™ 5 3500U Processor untuk varian tertinggi. Penggunaan AMD Ryzen 3000 series yang diintegrasikan dengan Graphic AMD Radeon RX Vega 8/10 terbaru akan membuat penggunanya dapat merasakan performa produktivitas dan multitasking yang lebih responsif. Dukungan fitur akselerasi grafis AMD APP dalam grafis Radeon RX Vega dapat meningkatkan performa guna melibas semua software dan game modern saat ini.

Penggunaan mikroarsitektur Zen+ dengan teknologi 12 nm akan memberikan kecepatan 10% lebih baik dibandingkan pendahulunya pada konsumsi daya yang sama. Tak dipungkiri bila software seperti adobe photoshop, corel draw bahkan adobe premier dapat berjalan dengan lancar pada laptop ini.

AMD Ryzen The World Fastest Processor

Selain jeroannya, penggunaan RAM 4GB/8GB DDR4 2400Mhz akan sangat membantu pengguna dalam hal multitasking, apabila masih dirasa kurang dapat anda upgrade hingga 12GB. Seri ini hadir dengan penyimpanan SATA HDD 5400 rpm sebesar 1TB. Guna menunjang kemampuan memproses lebih baik, ASUS juga menyediakan slot SSD M.2 256 GB.

Ketersediaan slot SSD memberikan pilihan bagi pengguna sebagai penyimanan software atau game agar proses load akan semakin cepat sedangkan HDD sebagai penyimpanan file-file seperti foto, video ataupun berkas kantor.

NanoEdge Display, Rasa Elegan dalam Balutan Warna

Bagian menarik lainnya adalah desain NanoEdge Display yang menciptakan ultraslim bezel mencapai 5.7mm dikeempat sisinya. Berkat adanya NanoEdge Display menghasilkan screen body to ratio hingga 87%. Desain tersebut menjadikan ASUS VivoBook Ultra A412DA tampak seperti laptop dengan ukuran layar 13″ serta  akan memberikan pengalaman multimedia yang lebih menyenangkan.

NanoEdge Display

Desain NanoEdge Display juga memberikan pengalaman berkolaborasi yang baik, sehingga sangat cocok bila digunakan sebagai teman untuk bekerja karena layar terasa lebih lebar dan tampilannya minimalis seperti gadget modern sekarang. Dukungan resolusi Full HD dengan Teknologi Anti Glare 60Hz Panel with 45% NTSC akan membantu mengurangi pantulan dari cahaya lampu atau sinar matahari yang terang dan silau, sehingga membuat tampilan layar laptop ini tetap terlihat jelas dan terang.

Jadi, adanya layar anti glare, kamu tak perlu memiringkan layar ke sudut yang tepat untuk menghindari silau, serta mengurangi kelelahan mata penggunanya. Bekerja seharian baik di luar maupun luar ruangan akan lebih nyaman.

Konektivitas, Rasa Mudah dalam Transfer Data

Konektivitas Lengkap

Konektivitas yang diberikan oleh ASUS VivoBook Ultra A412DA terbilang cukup. Mulai dari combo audio jack, USB 2.0 type A, USB 3.1 type A, USB 3.1 type C, security slot, HDMI hingga MicroSD card reader. Kelengkapan Port tersebut memudahkan blogger seperti saya dalam memindahkan foto dan video dari smartphone atau kamera ke laptop dan sebaliknya.

Kebebasan Melampaui Batas dalam Berkarya

Memiliki ASUS VivoBook Ultra A412DA akan benar-benar memberikan kebebasan melampaui batas dalam berkarya. Sangat worth it dengan harga yang terjangkau sudah mendapatkan berbagai fitur, teknologi hingga kepraktisan, sehingga portabilitas, mobilitas dan produktivitas akan tetap berjalan dengan perangkat ini.

Ngegame, bekerja, travelling, berbisnis hingga berkarya bukan suatu hal yang tak mungkin bila menggunakan laptop ini. Kenyamanan, keergonomisan, kepraktisan dan tak kalah penting yaitu performa yang tidak diragukan lagi menjadikan pengguna bisa membuat maha karya yang dapat bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

Semoga dari pengalaman dan informasi diatas dapat memberikan pelajaran bagi para pembaca mengenai pentingnya sebuah laptop seperti ASUS VivoBook Ultra A412DA ini untuk tetap konsisten dan produktif dalam bekerja. Lampaui batasmu!

Spesifikasi Lengkap dari Laman Resmi Asus:

18 KOMENTAR

  1. Softtelling banget kak ulasannya, alur ceritanya ngenak banget. TOP!

    • Biar pengunjungku lebih enak bacanya kak, kan biasanya cuma memntingkan kuantitas artikel. tapi saya mencoba buat cerita terlebih dahulu. biar ada sangkut pautnya ke spek.

  2. Keren ya, kata kata penghubung antar paragrafnya. softtelling banget.

Masukkan Balasan

*