Perbedaan Kamera DSLR dengan Mirrorless (Non DSLR)

Perbedaan Kamera DSLR dengan Mirrorless (Non DSLR)

Perbedaan Kamera DSLR – pada prinsipnya perbedaan yang mendasar antara kamera DSLR dengan mirrorless adalah pada sistem kerjanya pada saat sebelum mengambil gambar, selain dari sistem kerjanya, perbedaan lainnya yaitu pada fisiknya.

Berdasarkan Penampilan Preview

Untuk menampilkan preview pada viewfinder, kamera D-SLR menggunakan view yang ditangkap oleh lensa. Namun karena posisi lensa dengan viewfinder tidak segaris, view yang dilihat oleh lensa ini kemudian dipantulkan oleh sebuah cermin dan sebuah pentrapism untuk diproyeksikan ke laayar viewfinder.

Sementara saat mengambil gambar, cemin ini tebuka ke atas. Sehingga view yang dilihat oleh lensa dapat diproyeksikan langsung ke sensor yang kemudian akan menangkap gambar menjadi data gambar digital.

Sedangkan kamera compact, View yang dilihat oleh sensor akan menerus diproyeksikan ke sensor untuk mengubahnya menjadi data digital. Data digital inilah yang kemudian ditampilkan di layar LCD dan electronic viewfinder (jika ada) secara terus menerus.

Berdasarkan viewfinder/LCD

ViewFinder

Perbedaan Kamera DSLR – Pada Kamera D-SLR  apa yang dilihat lensa adalah apa yang diproyeksikan ke viewfinder, maka gambar yang tampil pada viewfinder kamera D-SLR lebih terang dan detail, serta sangat jelas artikulasi visualnya (karena pada dasarnya seperti melihat molekul cermin, kualitas gambar sama seperti melihat view tesebut langsung dengan mata telanjang).

Sedangkan pada kamera no DSLR apa yang diproyeksikan ke viewfinder dari layar LCD adalah data digital hasil penangkapan sensor, maka gambar yang tampil di viewfinder elektronik atau layar LCD kamera compact lebih buram. Hal ini disebabkan karena mata kita melihat apa yang sensor tangkap. Kualitas hasil tangkapan gambar oleh sensor kamera canggih manapun saat ini masih jauh di bawah kualitas hasil tangkapan mata

Berdasarkan ukuran body

Perbedaan DSLR dan Mirrorless, Mana Yang Lebih Bagus
Perbedaan DSLR dan Mirrorless, Mana Yang Lebih Bagus

Kamera D-SLR memuat sebuah mekanisme cermin yang dapat berputar terbuka dan tertutup didalamnya, ukuran kamera D-SLR relatif lebih besar dan lebih berat.

Sedangkan Kamera Compact  tidak memuat sistem cermin pada dasarnya hanya lensa kecil dan sebuah sensor,

Berdasarkan sensor

Sensor Kamera

Pada Kamera D-SLR sensor hanya ter-expose oleh cahaya hanya saat mengambil gambar, maka sensor kamera D-SLR relatif lebih tidak cepat panas.

Sedangkan kamera non DSLR selama kamera dinyalakan, sensor selalu ter-expose cahaya dan aktif mengirimkan data digital ke viewfinder dan LCD, maka sensor kamera compact relatif lebih cepat panas.

Masukkan Balasan

*