Kelebihan DSLR Beserta Kekurangannya untuk Fotografi

Kelebihan DSLR Beserta Kekurangannya untuk Fotografi

Kelebihan DSLR

Kelebihan DSLR

Kualitas Gambar

Kelebihan DSLR – Kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera DSLR cukup baik, hal ini karena disebabkan oleh sensor yang disematkan di kamera yang cenderung berbobot besar ini. Kualitas tangkapnya cenderung lebih baik (bagus) dibandingkan dengan kamera kompak.

Fleksibel

Kamera DSLR terbilang fleksibel karena dengan mudah berganti lensa sesuai dengan kebutuhan, namun lensa yang dapat dipasang di suatu DSLR harus sesuai. Apabila tidak sesuai maka para fotografer biasanya menggunakan bantuan converter. Namun ada kelemahan apabila kita menggunakan converter yakni seperti tidak berfungsinya autofocus dan lain sebagainya. Ya, itu juga tergantung dari converter yang digunakan.

Kecepatan

Saat ini, kecepatan kamera DSLR dalam menangkan gambar lebih cepat bila dibandingkan dengan masa sebelumnya. kecepatan shutter yang lebih baik akan sangat berfungsi pada saat momen menangkap gambar yang bergerak cepat seperti sport fotografi.

Viewfinder

Berbeda dengan mirrorless atau kamera compact, Kamera DSLR umumnya memiliki view finder, dimana apa yang terlihat dari jendela bidik akan sesuai dengan hasil yang diporses. Biasanya kecepatan penangkapan akan lebih terasa bila menggunakan jendela bidik.

Kelebihan DSLR dalam Jangkauan ISO

Pada saat kita memotret suatu objek di waktu malam hari, terkadang membutuhkan kekurangan cahaya sehingga foto yang dihasilkan gelap. Fitur prosesing ISO dalam suatu kameralah yang dapat menangani permasalahan tersebut. Dimana dengan jangkauan ISO yang lebih besar seperti pada yang disematkan di kamera DSLR akan membuat fotografer lebih fleksibel memotret disegala kondisi bahkan di tempat yang minim pencahayaan.

Baca Juga: Perbedaan Kamera DSLR dengan Mirrorless (Non DSLR)

Kontrol Manual

Di era sekarang kamera DSLR sudah dilengkapi dengan AUTO MODE yang super canggih bisa menyesuaikan dengan lingkungan atau tempat memotret. Tapi, bagi seorang fotografer mode manual itu sangat penting, oleh karena itu kamera DSLR tetap dibenamkan fitur manual mode.

Ruang ketajaman

Ruang ketajaman sering disebut dengan depth of field, dimana dapat diatur dengan leluasa di kamera DSLR. Dengan fitur ini memungkinkan pembuatan foto dengan objek yang tajam dan latar belakang buram.

Kekurangan Kamera DSLR

Harga

Harga kamera DSLR umumnya lebih mahal dibandingkan dengan kamera saku, Namun sekarang sudah ada kamera DSLR kelas entry level yang harganya lebih terjangkau. Tapi, harga itu sebenarnya bukan kekurangan melainkan tergantung dari orang memandangnya hehe.

Bobot

Kamera DSLR memiliki bobot lebih besar dibandingkan dengan kamera saku dan kamera mirrorless, bobotnya mencapai 500 gram, apalagi bila ditambah dengan lensa.

Butuh Perawatan

Perawatan adalah sesuai hal yang kadang dilupakan oleh pemilik kamera DSLR, padahal perawatan adalah hal yang harus dilakukan secara rutin guna menjaga DSLR terutama pada serangan jamur hehe.

Masukkan Balasan

*