Totalitas Penggunaan Chatbot Bahasa Indonesia Dalam Dunia Bisnis

Totalitas Penggunaan Chatbot Bahasa Indonesia Dalam Dunia Bisnis

Pemanfaatan teknologi dan informasi telah merambah ke berbagai aspek kehidupan. Berbagai sektor bisnis berupaya menggunakan teknologi mutakhir untuk mendukung keberlangsunan bisnisnya. Tujuan penggunaan teknologi yang tak lain adalah untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari suatu bisnis, baik dari segi tenaga, waktu, maupun biaya.

Sebuah bisnis yang tidak berinovasi dengan mengikuti perkembangan teknologi dapat dipastikan akan tertinggal bahkan akan membuat cashflow dari bisnis tersebut stagnan. Hal itu berkaitan dengan tren teknologi dan perubahan perilaku konsumen dari masa-kemasa.

Salah satu teknologi yang gencar diperbincangkan saat ini adalah teknologi artificial intelligence (AI). Kemampuan mengenali dan mempelajari sesuatu adalah keunggulan dari teknologi ini sehingga mampu mengerjakan berbagai pekerjaan prediktif dan terukur secara efektif dan efisien.

Chatbot Bahasa Indonesia

Salah satu layanan dalam dunia bisnis yang menggunakan teknologi AI adalah Chatbot. Chatbot adalah layanan obrolan virtual antara manusia dengan tokoh virtual atau robot yang mampu menirukan percakapan manusia melalui pesan teks ataupun pesan suara.

Bahasa yang umum digunakan pada chatboot adalah bahasa inggris. Namun, seiring kebutuhan sebuah bisnis, Suatu startup di Indonesia berupaya mengembangkan Chatbot bahasa indonesia. Tujuannya agar proses bisnis berjalan lebih efisien dan efektif.

Keterbatasan Customer Service Berbasis Manusia

Dalam dunia bisnis, erat kaitannya dengan customer relationship dan channel pemasaran. Kedua bagian tersebut merupakan gerbang utama yang berhubungan langsung dengan konsumen. Bila ditelaah lebih mendalam kesuksesan penjualan sangat dipengaruhi oleh sumber daya yang melayani pada bagian itu.

kemampuan Customer Service akan tergantikan oleh Chatbot

Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan sumber daya manusia yang berada di posisi tersebut seperti kemampuan berkomunikasi, kecepatan dalam melayani, pengetahuan teknis atau umum, dan tenaga.

Keempat faktor itulah yang menurut saya sangat krusial dalam menempatkan sumber daya manusia pada bagian customer service atau admin. Perusahaan biasanya menggunakan customer service atau admin penjualan dalam menangani sesuatu hal yang berkaitan dengan konsumen mulai dari transaksi penjualan, informasi produk bahkan pertanyaan seputar cara pesan dan lain sebagainya.

Namun, customer service hanyalah manusia yang memiliki keterbatasan. Keterbatasan inilah yang akan mengakibatkan menurunnya tingkat kepuasan konsumen, bahkan dampak terburuknya yaitu kehilangan konsumen. Terus bagaimana solusinya? Solusinya adalah memanfaatkan layanan chatbot. Pemanfaatan teknologi pada chatbot dapat mengatasi semua keterbatasan sehingga dampak terburuk dari sebuah bisnis akan teratasi.

Apa Saja Yang Dapat Dilakukan dengan Fitur Chatbot Bahasa Indonesia?

Perkenalkan, Botika adalah salah satu perusahaan yang mengembangkan sebuah layanan chatbot dengan berbagai fitur guna menunjang proses bisnis mulai dari sektor retail, jasa, travel hingga pemerintahan. Banyak sekali fitur layanan Chatbot yang dapat dimanfaatkan pada proses bisnis mulai dari proses transaksi, pertanyaan konsumen, menampikan katalog produk hingga analisis untuk strategi pemasaran. Berikut aktivitas yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur dari layanan chatbot tersebut:

Keunggulan Chatbotika

Meningkatkan Komunikasi Yang Lebih Intim dan Natural

Pesan yang dilakukan secara pribadi ke setiap konsumen tentunya akan lebih nyaman dimata konsumen bila dibandingkan dengan diskusi dalam kolom komentar suatu produk. Layanan chatbot dapat terhubung pada berbagai platform sosial sehingga bisnis anda akan dengan mudah menjangkau calon konsumen lebih luas dan spesifik serta mampu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh konsumen mengenai hal teknis ataupun pertanyaan umum yang berkaitan dengan jasa atau produk yang ditawarkan.

Sistem Chatbotika

Kemampuan menjawab pertanyaan tersebut berkat adanya teknologi Machine Learning, sejatinya chatbot menggunakan prinsip keyword. Apabila keyword yang diterima ada dalam data maka bot akan memberikan saran dan jawaban yang paling relevan. Namun jika prediksi tersebut kurang tepat sasaran, Anda dapat langsung mempersonalisasi jawaban tersebut sehingga bot bisa terus belajar dan berkembang dari setiap interaksi yang terjadi.

Selain teknologi machine learning, teknolgi NLP atau natural language processing juga disematkan guna memberikan jawaban yang lebih natural menirukan obrolan layaknya antar manusia. Teknologi tersebut membuat konsumen merasa sedang ngobrol dengan penjual secara langsung menggunakan bahasa indonesia.

Kombinasi kedua teknologi itu dapat dipastikan konsumen akan sangat nyaman terhubung dengan channel pemasaran bisnis anda sehingga transaksi penjualan akan terjadi jauh lebih cepat.

Meningkatkan Pendekatan dan Pelayanan Terhadap Konsumen Selama 24 Jam

Kecepatan pelayanan merupakan faktor dari kualitas pelayanan, Sedangkan kualitas pelayanan termasuk upaya pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen dalam mengimbangi harapan konsumen. Apabila ada konsumen yang akan bertanya atau membeli diluar jam kerja apakah harus menunggu? Bila iya, Tentu, konsumen tersebut akan beralih ke kompetitor.

24 Jam Melayani Konsumen

Mungkin anda sebagai konsumen pernah punya pengalaman membeli suatu barang atau memesan tiket perjalanan secara mendadak pada kondisi yang sangat mendesak. Pada waktu yang mendesak proses transaksi dapat terjadi kapanpun tak mengenal waktu bahkan diluar jam kerja. Konsumen akan merasa jengkel apabila pesanan tidak segera di proses atau ditanggapi oleh admin, pasti anda sempat berpikir untuk cari layanan (toko) lain kan?

Oleh karena itu, sebagai pemilik bisnis agar kejadian seperti diatas tidak terjadi pada bisnis anda maka Chatbot dibutuhkan guna memberikan pelayanan sepanjang waktu meskipun diluar jam kerja perusahaan. Pelayanan 24 non stop itulah yang akan meningkatkan pelayanan kepada konsumen.

Memberikan Pengalaman Berbelanja Lebih Mudah dengan All in Chat

Penggunaan chatbot dapat memungkinkan memanggil berbagai  modul sistem hanya dengan melalui chat, sebagai contoh apabila konsumen ingin mengetahui biaya kirim produk dari kota penjual menuju ke kota tujuan (pembeli) maka konsumen hanya membalas bot dengan biaya kirim dari kota A ke kota B. Konsumen akan merasakan pengalaman berbelanja tanpa multitasking yang berlebih seperti harus mengecek biaya di website lain.

All in Chat dengan Botika

Tak hanya itu, berbagai pertanyaan baik secara teknis dan umum yang berkaitan dengan transaksi mampu dijawab oleh chatbot hanya dalam hitungan detik. Melihat katalog produk hingga melakukan proses transaksi dapat dilakukan melalui chat secara langsung.

Konsumen akan merasa dimudahkan dengan keberadaan fitur ini, tak perlu repot repot melihat kembali produk yang ingin dibeli melalui website atau commerce tetapi hanya membalas dengan kata kunci nama produk, dan apabila ingin melakukan pembelian maka konsumen dengan sangat mudah melakukan transaksi menggunakan kata kunci buying keyword diikuti dengan produk yang akan dibeli. Proses pembayaran juga dapat dilakukan melalui chat dengan berbagai metode pembayaran yang disediakan. Dikemudian hari chatbotika juga akan diintegrasikan dengan Botika pay, sehingga akan semakin memudahkan pengguna dalam melakukan proses pembayaran.

Melakukan Segmentasi Pasar dengan Broadcast Pesan

Segmentasi Broadcast

Fitur broadcast pada chatbot memungkinkan admin penjualan melakukan segmentasi pemasaran, promosi hingga follow up. Segmentasi broadcast dapat dilakukan berdasarkan media sosial yang digunakan oleh konsumen dan perilaku atau interaksi konsumen dengan chatbot.

Selain melakukan segmentasi, fitur broadcast juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana melakukan promosi seperti melakukan penawaran khusus suatu produk dengan diskon. Apabila perusahaan memiliki produk baru maka fitur ini juga dapat digunakan sebagai sarana memperkenalkan produk baru hingga melakukan follow up atau mengirimkan update terbaru mengenai produk tersebut.

Membuat Strategi Penjualan Berdasarkan Data Analitik

Data Analitik Chatbotika

Setiap interaksi antara tokoh virtual pada chatbot dengan konsumen dapat direkam oleh sistem sehingga menghasilkan kumpulan data berupa data analitik seperti total pesan, total pelanggan, total transaksi penjualan hingga rekapan kepuasan pengguna.

Semua data tersebut dapat disajikan dalam bentuk grafik serta digunakan sebagai bahan dalam melakukan strategi pemasaran yang sesuai. Salah satunya dapat dimanfaatkan sebagai penentuan teknik copywriting yang sesuai. Setiap copywriting pesan promosi tentu akan mendapatkan respon yang berbeda dari konsumen. Terkadang kita mampu closing dengan cepat menggunakan teknik copywriting A pada konsumen A, dan tidak mampu digunakan pada konsumen B. Data seperti itulah yang kita gunakan untuk membuat strategi pemasaran yang sesuai dengan perilaku dan karakteristik konsumen.

Memudahkan Pengontrolan dengan Integrasi Media Sosial dan Single Dashboard

Channel yang dipakai dalam suatu bisnis tentu dilakukan dari berbagai arah salah satunya platform sosial seperti line, facebook, whatsapp ataupun telegram. Ragamnya channel yang dipakai tentu proses transaksi akan datang dari mana saja, bisa dari whatsapp atau line, jadi tergantung konsumennya.

Coba bayangkan apabila terdapat 50 calon pembeli pada masing-masing platform tersebut yang bertanya ataupun ingin melakukan transaksi. Tentu diperlukan multitasking yang sangat melelahkan.

Kelola Chat Hanya dengan Satu Platform

Chatbotika dapat mengatasi permasalah tersebut yaitu dengan disematkannya fitur Single Dashboard. Fitur ini dapat mengintegrasikan semua platform sosial diatas hanya dalam satu aplikasi. Jadi, apabila kita ingin memonitor secara langsung interaksi antara bot dengan konsumen maka dapat dilakukan hanya dengan membuka satu aplikasi.

Setiap percakapan yang masuk dari konsumen akan diklasifikasi berdasarkan platform pengirim serta ditandai dengan logo dari masing-masing platfotm, tentu akan sangat memudahkan admin dalam memastikan dan menentukan platform mana yang paling banyak menghasilkan konsumen.

Mengurangi Biaya Operasional dengan layanan Chatbot

Mengurangi Biaya dengan Botika

Chatbot dapat bekerja dengan cepat dalam memberikan jawaban atas pertanyaan yang diberikan oleh konsumen dengan seefisien mungkin. Adanya chatbot menjadi solusi dalam memecahkan masalah dengan cepat yang diajukan oleh konsumen. Biaya yang ditimbulkan per interaksi jauh lebih rendah dan efisiensi waktu yang lebih baik. Selain itu, biaya tenaga kerja jauh lebih rendah karena bagian atau posisi seperti customer service dapat dikurangi.

Menurut estimasi dari beberapa pengguna chatbot, penggunaan chatbot pada bisnis akan menghemat biaya operasional berkisar antara 40%-80%.

Meningkatkan Nilai Kepuasan Pelanggan

Kepuasan Pelanggan

Chatbot dapat memungkinkan menjadi solusi pemecahan masalah yang dihadapi oleh konsumen dengan cepat. Kemampuan mengenali pengetahuan pada setiap interaksi membuat chatbot semakin lama akan lebih baik dalam memberikan jawaban yang lebih relevan dan tepat.

Apabila menggunakan customer services berbasis manusia tentu kecepatan dan kemampuan bertahan lebih lama dalam melayani pertanyaan konsumen akan jauh lebih rendah. Akibatnya konsumen akan merasa tidak dihargai dan diprioritaskan.

Berdasarkan penilaian dari konsumen Chatbotika mengatakan bahwa terjadi peningkatan pelayanan customer hingga 90% dengan respon SLA rata-rata menjadi dua kali lebih cepat.

berbagai Produk dari Botika

Pengembangan layanan chatbot terus dilakukan oleh perusahaan Botika dalam memanfaatkan teknologi AI, NLP dan Machine Learning mulai dari chatbotika dalam sektor travel, enterprise, commerce, tiketing, sistem antrian hingga ke speech recognation.

Upaya yang dilakukan oleh perusahaan ini adalah langkah yang sangat baik guna memajukan industri teknologi kecerdasan buatan di tanah air. Mari kita dukung sepenuhnya karya anak bangsa dengan memanfaatkan dan menggunakan maha karya Botika. Unduh sekarang melalui playstore.

39 KOMENTAR

  1. Oalah pantesan kemaren xl axiata di facebook cepet banget balesnya yaaa :I ternyata pakai layanan ini

    • Iya bener banget kang, perusahaan axiata termasuk konsumen dari chatbotika. biasanya pakai yang chatbotika enterprise.

  2. mantab gan..lengkap jossssss

  3. Asli iya! Setuju sama mas Jumanto. Infografisnya baguuuus. Emang mamanggraphic nih. Mau ilmunyaaa, Mang. btw, aku juga akhirnya punya custom URL yang TLD loooh. Pake Dotcom paket blogger. Hihihii.. Alhamdulillah rejeki akhir tahu. Mampir ya, Mang 🙂 Salam kenal.

  4. Sangat Bermanfaat, izin share kaaang

  5. Bermanfaat banget nih, dapet tambahan pengetahuan stelah baca artikel ini dah..

  6. Sangat bermanfaat, informatif banget tulisannya, selain memberikan info tentang chatbot, akhirnya saya tahu bagaimana mengatasi masalah pelayanan konsimen ternyata ada beberapa tahapan..

  7. fitur ini sangat bangus. Semoga selalu di kembangkan biar saya bisa menikmatinya. Terimakasih sudah memberikan informasi yang bagus untuk situs ini.

  8. Makasih mas, kemaren saya sudah coba, berkat rekomendasimu thanks yaaa..

  9. Artikelnya sangat komprehensif banget kang, desain grafisnya mantap sekali. Kelihatan banget ente jago main Photoshop atau Corel Draw nih hehehe Yang saya salut adalah perjuangan ente. Ngomong-ngomong, itu butuh waktu berapa hari kang?

Masukkan Balasan

*