Pengaruh Penting Domain dalam Branding Produk Bagi Suatu Bisnis

Pengaruh Penting Domain dalam Branding Produk Bagi Suatu Bisnis

Didalam dunia bisnis sangat erat kaitannya dengan istilah branding, sebuah upaya untuk memperkenalkan suatu produk dengan cara memupuk awareness dari konsumen baik dalam bentuk nama, logo ataupun slogan dari suatu produk. Setiap pelaku bisnis memiliki cara yang berbeda untuk melakukan branding terhadap produknya,  namun disrupsi digital ini hampir semua pelaku bisnis telah memanfaatkan dunia digital untuk melakukan branding.

Sekitar 1 bulan yang lalu, saya pernah membelikan ibu sebuah kerudung di suatu pusat perbelanjaan. Kerudung tersebut memiliki kualitas bagus dari segi bahan, warna dan model yang elegant dengan harga yang terjangkau, namun tidak ada merek atau nama di kemasannya.

Mengapa Domain Penting Untuk Bisnis?

Alhasil, ibu pun menyukai kerudung pilihanku itu. Setelah beberapa minggu kemudian, semua anggota perkumpulannya ingin memesan kerudung yang sama. Sontak saya pun diminta untuk mencarikan kembali kerudung seperti itu. Tapi sayangnya, saya tidak menemukan kerudung yang serupa, padahal apabila saya tahu nama ataupun alamat website resminya, pasti akan saya beli langsung.

Bayangkan apabila anda adalah pemilik bisnis dari kerudung tersebut. dimana produkmu sangat dicari oleh pasar (konsumen), namun konsumen tidak dapat menemukannya karena produkmu tersebut tidak memiliki nama atau informasi yang menjadi dasar dari indentitas produk anda. Maka secara tidak langsung anda akan kehilangan potensial sales, tentu kejadian ini lambat laun akan menyebabkan bisnis anda tidak dapat berkembang.

Sebagai pelaku bisnis, bukan hanya menjaga kualitas produk yang ditawarkan, melainkan juga perlu memperhatikan strategi branding untuk membangun sebuah brand. Di pasaran lokal maupun global ada ribuan bahkan jutaan produk yang sejenis dengan produk yang anda tawarkan. Dan Brand hadir sebagai identitas untuk membedakan antara produk anda dengan kompetitor.

Salah satu kategori tingkatan branding adalah brand recall atau spontaneous recall. Dimana konsumen akan mengingat nama produk anda berdasarkan kategori. Salah satu cara untuk mencapai tingkatan tersebut diera digital ini yaitu dengan nama domain sesuai dengan produk yang anda tawarkan. Ada beberapa manfaat penting domain dalam branding bagi suatu bisnis, diantaranya:

Sebagai Identitas Brand Di Dunia Maya

Selain logo, indentitas brand yang terpenting adalah nama merek yang dipakai sebagai nama domain. Mengapa? Di era disrupsi digital ini, perilaku konsumen dalam membeli produk telah beralih dari cara konvensional ke arah digital. Salah satu contohnya perilaku konsumen dalam mencari informasi mengenai produk. Konsumen cenderung akan mengakses mesin pencari untuk mencari informasi ,dan nama domain menjadi sesuatu hal yang pertama kali dilihat oleh konsumen.

Domain Identitas Brand di Dunia Maya

Penggunaan domain yang sesuai atau produk akan menjadi magnet tersendiri bagi target market produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, untuk memperkuat nama brand, pemanfaatan nama domain yang sesuai adalah langkah yang tepat, dimana merupakan langkah awal dalam melindungi brand didunia maya.

Membangun Persepsi dan Kredibilitas

Domain akan memberikan persepsi dari berbagai sudut pandang konsumen terhadap apa yang mereka lihat pertama kali saat melakukan pencarian. Apabila domain bisnis yang ditampilkan pada hasil pencarian adalah domain tidak berbayar sebagai contoh nenghijab.blogspot.com. Apa yang terlintas pertama kali dibenak anda? pasti persepsi setiap orang akan (negatif) mengarah ke ketidakseriusan bisnis tersebut. Namun, sebaliknya apabila domain yang digunakan adalah nenghijab.com atau nenghijab.id, kecenderungan konsumen untuk lebih ingin mengetahui atau melakukan transaksi akan jauh lebih tinggi.

Domain Membangun Persepsi Positif Terhadap Suatu Brand

Selain membangun persepsi konsumen, nama domain akan membangun kredibilitas suatu nama brand. Apalagi kalau domainnya telah menggunakan SSL (Secure Sockets Layer), tentu akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk tersebut.

Mempermudah Proses Pemasaran

Menggunakan nama domain sesuai dengan produk atau bisnis yang ditawarkan akan menjadikan bisnis tersebut dapat memasarkan dirinya sendiri. Mengapa? Apabila brand tersebut sudah merajalela dan menjadi kebutuhan pasar, secara otomatis pasar akan membangun sistem pemasaran mereka sendiri untuk menjual produkmu tersebut.

Nama Domain Yang Sudah Bsar

Selain itu, penggunaan domain akan memudahkan konsumen mencari informasi terbaru mengenai produkmu itu. Tak hanya informasi mengenai produk, melainkan juga tentang tutorial ataupun edukasi yang berkaitan dengan jenis produk yang ditawarkan. Berikan sesuatu terlebih dahulu kepada calon konsumen, maka konsumen akan memberikan lebih kepada bisnis kita.

Memudahkan Integrasi Antar Channel Pemasaran

Dalam dunia bisnis, konsistensi nama channel pemasaran akan menjadi perhatian khusus oleh konsumen. Apabila nama media sosial brandmu @nenghijab, dan anda menggunakan nama domain jualhijab.com  tentu hal tersebut tidak sinkron, konsumen akan mengalami kebingungan sehingga memunculkan persepsi bahwa anda menjual berbagai hijab, padahal anda ingin memperkuat nama brand nenghijab tersebut.

dOMAIN mEMPERMUDAH KONSISTENSI NAMA BRAND

Penggunaan domain yang sesuai dengan channel pemasaran brand, akan memberikan persepsi konsistensi pemasaran dari suatu produk oleh konsumen. “Dimana kamu beli hijab itu?” di jualhijab, seketika orang yang bertanya tersebut mencari jualhijab di instagram, padahal jual hijab adalah nama domainnya. Oleh karena itu, domain akan dapat mengintegrasikan antar channel pemasaran karena memiliki informasi terlengkap yang dapat diakses oleh konsumen.

Membuat Nama Brand Ramah di Mesin Pencari

Pemilihan domain yang tepat dapat meningkatkan peringkat suatu website sehingga secara tidak langsung akan memerkuat citra baik produk yang ditawarkan. Dalam jangka panjang, impresi yang terus menerus muncul pada pencarian yang dilakukan oleh orang yang sama bisa membentuk brand equity.

Domain Mempermudah Optimasi di Mesin Pencari

Secara umum, nama domain yang mengandung kata kunci yang ditargetkan akan lebih mudah mengoptimasi untuk masuk pada halaman pertama mesin pencari. Namun, tak jarang para pelaku bisnis melupakan nama brand atau merek usaha sendiri, lebih mementingkan kata kunci, padahal langkah tersebut tidak sepenuhnya benar. Seharusnya mereka tetap menggunakan nama produk atau bisnis yang akan ditawarkan.

Temukan Pilihan Domain Murah di Rumahweb

Dari penjelasan diatas, saya berharap para pelaku bisnis agar memaksimalkan brandingnya yaitu dengan memanfaatkan penggunaan domain dalam suatu bisnis. Tapi, sebelum memilih domain yang sesuai dengan bisnismu, pastikan bahwa sudah include semua fitur mulai dari domain management panel, managed DNS service, domain locking protection, privacy protection, serta support DNSSEC.

Rumah Web

Untuk mendapatkan semua fitur diatas, Rumahweb.com adalah solusinya. Memberikan pelayanan terbaik 24 nonstop kepada pelanggannya adalah prioritas perusahaan domain dan hosting ini. Selain itu, Rumahweb.com adalah ICANN Acredited Registrar yang telah beroperasi sejak tahun 2002.

Pengalaman tersebut menjadikan Rumahweb.com sebagai salah satu perusahaan domain dan hosting terbaik di Indonesia. Tak hanya itu, domain bisnismu dapat secara langsung dikoneksikan dan diarahkan ke masing-masing akun media social atau channel pemasaran bisnismu. Domain murah yang ditawarkan sangat worth it dengan apa yang didapatkan serta akan meminimalkan biaya operasional perpanjangan. Capai target bisnismu setinggi langit bersama Rumahweb.com!

Masukkan Balasan

*