Persiapan Menjadi Blogger Profesional

Persiapan Menjadi Blogger Profesional

Persiapan Menjadi Blogger Pemula Hingga Mahir

Persiapan Menjadi Blogger – Menjadi seorang blogger profesional yang mempunyai pendapatan yang sangat besar tidak semudah yang kita bayangkan, seorang blogger professional sudah pernah melewati hal manis dan pahitnya kegagalan dalam blogging, mulai dari tidak menghasilkan apa-apa hingga blog yang mereka miliki di banned atau bahkan di hack orang lain. meraka harus memulainya lagi dari awal, namun ada beberapa hal yang menjadikan mereka seseorang yang terus bersemangat dengan passion ngeblog mereka yaitu seperti niat dan tujuan dalam hidup bahwa mereka yakin akan mendapatkan sesuatu hal yang luar biasa dari blog tersebut. berikut saya rangkum perjalanan ngeblog saya sekaligus tips dari blogger profesional.

1. Niat, Tekun dan Pantang Menyerah

Persiapan Menjadi Blogger – Yang pertama harus di yakini dengan niat, dalam ngeblog niat harus tertanam dalam diri kamu, bismillah blog bisa menjadikan hidup saya lebih bermanfaat dan lebih baik untuk kedepannya. niat bukan hanya bagaimana kita berucap dalam hati namun juga selaras dengan kerja anda tersebut. jika anda berniat maka anda sudah mempersiapkan mental, uang, waktu.

Setelah Niat sudah tertanam dalam diri kamu, sikap yang harus anda tanamkan lagi yaitu tekun. mengapa harus tekun? seorang blogger harus memiliki sifat tekun karena nanti di pertengahan jalan ngeblog akan banyak sekali rintangan seperti kekurangan uang, paket internet yang mahal serta rasa malas yang berlebihan dan impotensi 😀 sikap seperti itulah yang harus anda hilangkan dan jadikan sikap tersebut menjadi satu sikap tekun serta pantang menyerah.

Pantang menyerah sangat diperlukan bagi teman-teman blogger pemula karena pada awal kita ngeblog kita tidak akan mendapatkan uang sepeserpun, namun jika anda terus pos-pos dan pos dan tekun pastinya 3 bulan ngeblog anda akan menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya. jika nanti kamu tidak mendapatkan uang atau bahkan kamu tidak di terima oleh salah satu layanan iklan PPC seperti adsense, jangan pernah menyerah karena hal seperti itu yang akan menghambat anda menjadi blogger sukses. keep spirit!

2. Waktu

Persiapan Menjadi Blogger – Menjadi seorang blogger yang sukses harus mempunyai waktu yang cukup untuk mengelola blog, dan tidak sedikit blogger sukses sambil bekerja atau bahkan sambil kuliah, mengapa hal itu bisa terjadi? karena mereka pintar dalam memanage waktu mereka sehingga mereka mendapatkan semuanya, dapat kuliahnya juga dapat ngeblognya. oleh karena itu jika anda sekarang masih belum bisa memanage waktu usahakan anda jangan jadi blogger terlebih dahulu, belajar memanage waktulah terlebih dahulu lalu anda masuk ke dunia blogging.

3. Minat dan Keahlian Menulis

Persiapan Menjadi Blogger – Sebelum anda benar-benar masuk ke duni blogging, anda perlu menentukan terlebih dahulu minat anda, karena minat ini yang sangat penting dan menentukan niche blog apakah yang sesuai dengan mint anda, buat blog dengan topik yang sesuai dengan minat anda tersebut, dengan maksud agar anda tetap senang ngeblog dan terus menjadikan blog sebagai tujuan dan passion anda. contoh anda suka dengan dunia travelling, nah kenapa anda gak buat blog dengan topik travelling saja? kan sesuai tuh dengan kesukaanmu.

Namun kesukaan saja tidak cukup, anda memang benar suka dengan travelling, apakah anda mempunyai kesukaan dan keahlian dalam menulis? apakah anda mampu menulis cerita travelling kamu menjadi sebuah kata kata mulai dari 300 kata sampai 10 ribu kata ? jika anda tidak mampu hal ini bukan menjadi kendala. mengapa demikian? anda bisa menulis sedikit lalu anda kolaborasikan dengan vlog atau video blog? 😀 anda buat video di youtube lalu share video tersebut ke blog anda, dan anda hanya memberikan keterangan seperti lokasi, biaya dan lain lain. so simple bukan?

4. Pengetahuan tentang Blog

Nah pada point 4 ini kita sudha mulai masuk ke tahapan teknis, bagaimana caranya kita ngeblog kalau kita tidak tau cara buat blog atau bahkan tidak tau sama sekali tentang blog? tenang Mamanggraphic.com sekarang sudah menyediakan pembelajaran gratis di blog atau bahkan di channel youtube mamang. silkahkan anda cari disana karena sudah lengkap mulai dari pemula hingga cara optimasi blog anda agar blog anda menjadi peringakt pertama google. pengetahuan tentang blog disini menyangkut seperti :

  • Tau tentang coding
  • Tau tentang Alur Blog
  • Tao tentang SEO
  • Dll

5. Pengetahuan Bisnis/ Marketing

Mengapa kita perlu tahu tentang bisnsi atau marketing? jangan salah, sebelum blogger melakukan pos atau melakukan pembuata artikel mereka perlu melakukan riset pemasaran terlebih dahulu, riset yang dilakukan baik mengenai kompetitor, maupun kata kunci yang mereka incar tersebut. untuk melakukan riset keyword bisa menggunakan keyword planner, dan google trends, Baca Juga : Menggunakan Keyword Planner untuk Riset Keyword

6. Keahlian Desain

keahlian desain disini bertujuan agar anda bisa melakukan desain sendiri terhadap, latar belakang, gambar postingan, logo, favicon dan bahkan gambar navigasi, adapun yang perlu anda pelajari mengenai desain blog :

  • Belajar Editing Gambar (Photoshop)
  • Belajar CSS (Sedikit saja ) dengan tujuan agar anda mengerti jika nanti ada kesalahan teknik.

7. Memiliki Jaringan

Memiliki jaringan bukan hanya jaringan internet namun jaringan blogger lain atau jaringan orang yang memiliki usaha, tujuan kita mempunyai jaringan blogger lain yaitu kita bisa belajar kepada mereka tentang blog dan juga dengan jaringan teman blogger kita bisa meminta agar blog kita bisa di blogroll atau backlink di blog mereka. dengan tujuan apabila ada pengunjung blog mereka dan klik link yang mengarah ke blog kita maka keuntungan bagi kita yaitu mendapatkan pengujung dna backlink.

8. Kreatif dan Inovatif

Kreatif dan Invoatif sangat diperlukan ketika anda menjadi blogger karena untuk meningkatkan keunikan dari blog yang anda publikasikan ke orang umum, bertujuan agar blog anda memiliki nilai lebih dimata baik dimata mesin pencari maupun dimata pengunjung. terus kreatif dan inovatif agar pengujung blog anda tidak jenuh dengan blog anda baik dari segi artikel maupun segi tampilan.

9. Langsung Kerja!

Persiapan Menjadi Blogger –  99% orang sukses karena mereka langsung praktek bukan hanya secara terus menerus mencari teori teori. oleh karena itu jika anda menjadi sukses di dunia blogging teruskan berkarya dan terus posting artikel sesuai dengan topik yang anda sukai tersebut.

10. Mempunyai Tujuan

Anda menjadi seorang blogger tentunya mempunyai tujuan, tujuan yang sudah jelas dan sudah anda yakini bahwa blog akan mengubah hidup anda menjadi lebih baik 🙂 tujuan yang jelas contohnya : ingin memiliki bisnis baju lewat blog online dll. ingin mendapatkan penghasilan 100 juta per bulan atau ingin memberikan informasi kepada orang lain.

2 KOMENTAR

  1. memang waktu sangat penting kang, oleh karena itu teknik memanage waktu dengan baik itu sangat penting saat ini kang.

Masukkan Balasan

*