Pengertian Google Sandbox di Dunia Blogging

Pengertian Google Sandbox di Dunia Blogging

Apa itu Google Sandbox ?

Googe Sandbox – Dalam dunia blogging tentunya para blogger sudah tau mengenai GS (Google Sandbox), mengapa tidak karena banyak blogger indonesia yang sering sekali melanggar bahkan menantang peraturan dari google sehingga terkena berbagai macam penalti terhadap blog mereka, terus apasih pengertian dari GS, GS merupakan sebuah penalti atau pelanggaran yang diberikan oleh google terhadap blog yang telah melanggar peraturan google.

Cara kerja dari GS disini yaitu mendeteksi adanya spam yang terjadi pada sebuah URL atau sebuah Content, setelah GS ini mendeteksi adanya spam pada url tersebut maka secara otomatis url atau blog anda tersebut masuk ke dalam daftar GS, GS sama halnya dengan gundukan pasir yaitu apabila ada seseorang yang telah masuk ke dalam gundukan pasir maka secara otomatis orang tersebut akan susah keluar TAPI terkecuali orang tersebut terus berusaha untuk keluar dan terus berkembang sehingga membentuk kekuatan pada dirinya hingga keluar dari gundukan tersebut. sama halnya dengan GS apabila blog sudah masuk ke dalam GS maka akan susah keluar kecuali blog tersebut berkembang dan berusaha untuk keluar. Sedangkan cara sandbox pada blog yaitu bisa dengan Sandbox Checker

Terdapat macam GS, yaitu bisa ke url blog atau url homepage ataupun ke artikel, apabila url hompage pada sebauh blog terkena gs maka semua isi blog tersebut terkena gs, namun apabila hanya pada salah satu artikelnya ya sebaikna anda ubah atau hapus artikel tersebu sehingga tidak mengganggu artikel lain.

Biasanya artikel yang terkena GS disini artikel yang terlalu banyak di optimasi seperti artikel yang diikutkan kontes SEO, terlalu sering di optimasi sehingga dapat terkena google sandbox.

Penyebab Terkena Penalti Google Sandbox

Adapun penyebab mengepa sebuah blog atau artikel terkena GS berikut beberapa penyebab yang mungkin anda bisa hindari lain kali :

1. Spam

Penyebab utama dari GS yaitu spam, blog atau artikel anda terkena google sandbox biasanya dikarenakan adanya spam, seperti apa bentuk spam yang biasanya di deteksi oleh google? Berikut bentuk spam yang biasanya sebagai acuan masuknya blog anda ke daftar Sandbox :

  • Banyak Menyebar Link di Sembarang Site
  • Pernah Menyebar link di situs yang mengandung SARA, dan sebagainya
  • Adanya Orang Jail dengan memasang auto visitor ke blog anda
  • Penggunaan jenis bot auto
  • Penggunaan Cronjob untuk optimasi atau autovisitor
  • Dan Lain sebagainya

2. Optimasi Berlebihan

Memang optimasi blog baik on ataupun offpage sangat diperlukan untuk blog, tapi terlalu banyak optimasi atau over optimization juga tidak diperbolehkan bahkan dilarang keras oleh google, biasanya yang terlalu banyak optimasi biasanya blog tersebut akan masuk ke daftar spam sehingga akan terkena google sandbox, berikut beberapa bentuk optimasi yang berlebihan :

  • Banyaknya Pengulangan Keyword pada SEO ONPAGE
  • Terlalu banyak Backlink SPAM
  • Backlink tidak berkualitas tapi banyak sehingga masuk ke daftar SPAM
  • Penggunaan Bulk Backlink atau AutoBacklink
  • Kesalahan Struktur Data
  • Terlalu banyak perubahan artikel
  • Sering ngeping dan adanya broken link

3. Artikel Copas

Poin ketiga ini merupakan poin yang sering blogger indoneis lakukan dengan membuat blog yang isinya semuanya copas, kadang para blogger salah persepsi mereka membuat sebuah blog di blogger atau wordpress, pokoknya yang gratisan mereka membuat banyak blog untuk dijadikan teknik SEO dengan metode PBN yaitu membangun backlink dengan blog blog sendiri seperti blog dummy, zombie, web 2.0 dan lain sebagainya dan mereka isi blog PBN tersebut dengan artikel kopas . nah disini masalahnya google kadang crawl anchor text pada blog PBN tersebut apabila artikel dalam blog PBN tersebut ketahuan copas maka secara otomatis blog anda akan juga terkena akibatnya.

Oleh karena itu pihak Google Sandbox akan secara otomatis mendeteksi artikel copa sehingga akan memasukkan artikel tersebut ke daftar sandbox

Efek dari Google Sandbox

Selain penyebab dari terjadinya Sandbox, saya akan membahas juga mengenai efek Google Sandbox tersebut, tentunya kalau sudah namanya penalti atau hukuman pasti ada beberapa sanksi yang harus seseorang lakukan, sama halnya dengan mesin pencari apabila ada sebauh blog yang melanggar peraturan yang diberikan oleh mesin pencari tersebut, maka blog yang melanggar tsb akan terkena penalti atau hukuman, penalti google misalnya, google memiliki layanan khusus penalti yaitu Google Sandbox. akibat dari penalti tersebut akan ada hukumannya, berikut hukuman atau efek atau dampak dari Google sandbox terhadap sebuah blog :

1. Hilangnya Artikel dari Google

Setelah blog terkena sebuah sandbox pastinya google akan mulai merayapi kembali untuk memastikan blog tersebut memang melanggar atau tidak, jika memang melanggar maka google akan melakukan deindex terhadap blog atau artikel tersebut, deindex yaitu hilangnya artikel dari mesin pencari (biasanya sementara) tapi kadang banyak orang yang mengalami hal tersebut hingga 6 bulan lamanya

oleh karena itu apabila blog kita terkena sandbox maka otomatis beberapa artikel akan mulai hilang dari mesin pencari. apakah ada solusinya? tentu ada , yaitu solusi bagaimana deindex tersebut tidak menular ke artikel lain.

2. Visitor menurun

Akibat dari hilangnya beberaoa artikel dari mesin pencari maka tentun akan mempengaruhi jumlah visitor dari mesin pencari terhadap blog kita tersebut. apabila tidak segera diatasi maka artikel semuanya akan lenyap dan visitor juga akan menurun.

Efek lain biasanya juga akan mulai tidak di percayai oleh pengunjung sehingga pengunjung akan mulai meninggalkan blog anda tersebut.

Cara Mengatasi Google Sandbox

Tidak sempurna rasanya jika kita membahas mengenai penyebab dan efek dari sandbox, kali ini saya juga akan membahas megenai cara mengatasi segera blog yang terkena google sandbox. berikut beberapa tips dari saya berdasarkan pengalaman saya khususnya blog ini, yaitu kemaren terkena sandbox akibat dari ulah orang jail yang mengirimkan autovisitor pada blog saya akibatnya blog ini terkena sandbox. tepat pada kemaren siang 12 Juli 2016 blog ini terkena sandbox dan saya mulai putus asa. setelah itu saya melakukan hal dibawah ini mengenai cara mengatasi sandbox pada blog, dan akhirnya bisa terbebas hanya dalam waktu kurang dari 48 Jam.

1. Update Artikel (Artikel Baru)

Berdasarkan pengalaman saya, saya melakukan update terus artikel saya kalau gak salah kemaren 4 artikel saya publish dan saya submit ke Google Console , setelah itu saya mencari lagi topik baru mengenai artikel lain, dan pada saat itu saya sudah mulai bingung bagaimana cara mengatasi sandbox ini.

2. Sunting Artikel

Sunting artilel disini dilakukan apabila semua artikel anda sudah tidak terindex semua, tapi kalau cuma beberapa artikel yang tidak di index ya gak masalah, kamu perlu melakukan sunting semua url dan judul artikel kalau anda sudah mengetes bahwa blog anda sudah tidak terindex dengan cara ini : Silahkan masuk ke Google, Setelah itu anda masuk ke pencarian dengan mengetikkan > site:http://situsanda.com .

Apabila tidak ada artikel atau laman satupun yang terindex berarti anda perlu melakukan sunting ulang semuanya. lalu lakukan submit sitemap kembali .

3. Kurangi Optimasi Berlebih

Cara mengatasi selanjutnya yaitu dengan cara mengurangi optimasi berlebih, seperti pengulangan keyword pada artikel, mengapa ada keyword density? karena ya ini takut terjadi optimasi berlebihan 😀

Lalu biasanya optimasi offpage yang banyak pengaruhnya terhadap blog, selain dapat meningkatkan peringkat di google secara dramatis , juga mempunyai dampak yang tragis kalau terlalu berlebihan 😀 So yang sedang sedang saja wkwk.

4. Lakukan Submit ulang Sitemap

Ini yang paling penting, yaitu dengan cara melakukan submit ulang pada webmaster seperti google dan bing , tapi utamakan google dulu bro. dengan cara hapus terlebih dahulu sitemap anda di webmaster Google, lalu submit kembali. pastikan sudah tidak ada error oke.

Sekian dulu artikel mengenai Pengertian Google Sandbox di Dunia Blogging, Jangan lupa subscribe channel youtube kami di Mamang photography

6 KOMENTAR

  1. sepertinya website ane kena penjara nih sama google, parah sumpah. moga cepet bebas aja

  2. Semua artikel saya terindex bro namun saja masih tahap penalized . kata sebagian ini normal dan tunggu hingga waktu 1 – 6 bulan . bagaimana menurut an??

Masukkan Balasan

*