Asus Vivobook A407 Tampil Stylish, Pilihan Kaum Millennial dengan Fingerprint dan Performa...

Asus Vivobook A407 Tampil Stylish, Pilihan Kaum Millennial dengan Fingerprint dan Performa Gahar

Kebutuhan dan perkembangan teknologi semakin hari menunjukkan peningkatan, tentunya harapan baru kemajuan indonesia salah satunya dari bidang teknologi, yang ditandai dengan pengembangan startup dan inovasi anak muda. Pelaku pengembangan tersebut didominasi oleh generasi millenial. Ya, Generasi millenial memiliki karakter berbeda, cara berbeda, problem solving yang berbeda hingga menghasilkan karya inovasi yang berbeda pula.

Berdasarkan data statistik, jumlah usia produktif mencapai angka 166,06 juta, artinya lebih dari 50% penduduk indonesia adalah usia produktif, yang mana pada usia tersebut masih bisa aktif bekerja dan melakukan aktifitas produktif.

Data Penduduk

Siapa sangka? Kelompok usia yang mendominasi yaitu usia 15-39 dengan jumlah 85 juta dari total penduduk indonesia yang sejumlah 258 juta. Artinya lebih dari 30% penduduk indonesia yang produktif merupakan generasi Y dan Z yang biasa disebut generasi millenial. salah satu faktor yaitu karena generasi ini lahir pada era digital, teknologi tinggi dan kesehariannya tidak lepas dari perangkat digital dengan teknologi tinggi seperti smartphone, tablet, laptop.

Hidup generasi millenials hampir tidak lepas dari dunia digital seperti sosial media, blogging selama hampir 24 jam, mungkin kamu juga termasuk ya hehe, Bahkan sebelum tidur mereka menyempatkan diri untuk selancar maya, cari kerudung untuk lebaran, berinteraksi di platform online seperti whatsapp, line, hingga stalking mantan haha.

Millenials Produktif
Millenials Produktif

Karakter generasi millenials berbeda dengan generasi sebelumnya, yang mana mereka selalu uptodate dengan teknologi dan informasi baru. Kebutuhan teknologi yang sangat tinggi membuat generasi ini selalu berusaha mengikuti trend perkembangan teknologi seperti laptop/notebook, smartphone hingga aplikasi tiktok hehe.

Perilaku seperti diatas pada generasi ini menunjukkan kabiasaan yang bisa terbilang positif dan juga ada sisi negatifnya sih, memang bila dilihat dari sisi negatif perkembangan teknologi merupakan salah satu faktornya. eits jangan salah, perilaku generasi millenials bukan hanya sekedar kebiasaan yang tidak berdampak pada negeri. Bila diperhatikan secara seksama, generasi ini justru dapat menjadi peluang tumbuh suburnya ekonomi di Indonesia, terutama dalam sektor ekonomi kreatif. Yang mana kesempatan berkreasi, hingga pengembangan bisnis yang semakin mudah, tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan teknologi sekarang.

Hal itu ditunjukkan dari tumbuhnya bisnis digital yang dibangun oleh generasi ini, kemampuan untuk berinovasi dan kreatif membuat skill generasi millenial indonesia semakin mumpuni dan dapat bersaing dikanca internasional. Pencapaian pemuda indonesia ditunjukkan dari tumbuhnya ecommerce yang semakin banyak, yang mana akan berefek pada perekonomian indonesia. kini startup merambah ke berbagai sektor mulai dari kesehatan, industri, transportasi dan lainnya.

Selain bertumbuhnya startup, industri kreatif baru semakin bermunculan yang mana sesuai dengan karakter millenial yang kreatif, banyak millenial yang memanfaatkan media yang ada untuk berkreasi salah satunya melalui media youtube dan blog.

Pengembangan Website
Tahap Proses

Perkembangan ini tak membuat saya tinggal diam, sejak tahun 2015 saya mulai menekuni bidang blogging, videografi, fotografi hingga web develop, selain itu saya juga seorang mahasiswa jurusan teknik industri yang notabennya super sibuk dan dihadapkan dengan laporan praktikum yang menumpuk, Yang menuntut untuk terus berada di depan laptop. Ya, laptop atau notebook memang menjadi senjata utama para kaum millenial termasuk saya. Bagi saya, utilitas penggunaan laptop lebih dari 10 jam setiap hari, bagaimana tidak sebagai pembuat konten kreatif saya selalu dihadapkan dengan peralatan ini.

Tahap Desain Navigasi
Tahap Desain Navigasi

Tahap awal sebelum membuat konten kreatif di blog adalah perancanaan dan perancangan blog yang akan digunakan sendiri, desain blog merupakan faktor terpenting dan harus di rencanakan sesuai dengan tujuan dari blog itu sendiri, bila untuk blog berita ya tampilannya dipenuhi dengan postingan yang dinamis.

Namun, karena saya seorang konten kreatif yang simple, jadi desain blog yang saya pilih terbilang simple, yang penting ada bagian navigasi yang dapat memudahkan pengunjung hingga navigasi lainnya. Dalam pembuatan navigasi blog hal paling penting adalah laptop, ya karena harus mengakses ilustrator, photoshop untuk mendesain mulai dari navigasi menu, layout hingga logo. Untuk itu diperlukan laptop yang cukup mumpuni dimana kalau pakai laptop spek rendah ya pasti ngelag, maklum photoshop dan ilustrator merupakan aplikasi berat.

Tahap Membangun Struktur Blog
Tahap Membangun Struktur Blog

Setelah membuat desain yang dibutuhkan, langkah selanjutnya melakukan perencanaan ke arah teknis, karena saya seorang web develop, bila ada pesanan membuat sistem informasi langkah paling awal yaitu melakukan koordinasi antar tim yaitu mulai dari stakeholder terendah hingga tertinggi. yaitu mengkoordinasikan perencanaan sistem informasi yang ingin dibangun. Yang mana kami perlu multi tasking dalam tahap ini karena perlu membuka beberapa aplikasi untuk mengerjakannya.

Gamau kan adobe dreamweaver tiba tiba macet dan responding saat kamu ngoding? syukur-syukur cuma macet, kalau tiba tiba ketutup? hilang semua codingan yang dibuat semalam hehe.

Mencari Konten Video dan Foto
Mencari Konten Video dan Foto

Setelah blog selesai dibuat, selanjutnya adalah tahapan yang membutuhkan konsistensi dan kreativias. Sebagai seorang blogger, bukan berarti harus menutup diri untuk menjadi youtuber, pada tahun 2016 saya juga terjun ke dunia video yang membutuhkan skill dalam mengkonsep hingga proses eksekusi.

Peralatan yang Digunakan
Peralatan yang Digunakan

Pembuatan video ataupun foto perlu adanya konsep yang jelas dan tersusun rapi agar hasil dan proses eksekusi berjalan dengan lancar. Apakah pada tahap ini tidak membutuhkan laptop? Dalam proses mengkonsep saya menggunakan aplikasi pembuatan script yang mana itu juga butuh laptop, kadang cepat bosen kalau hanya buat script di rumah. Nongkrong dan sambil travelling adalah cara saya untuk mengusir rasa penat. Tapi, perlu adanya laptop yang elegant dan ringan untuk menjalankan itu, agar saat nongkrong gak malu-maluin gengs hehe.

Tahap Membuat Konten

Nah pada tahap ini adalah proses membuat konten kreatif di blog, Kaum millenial harus berfikir kreatif dan inovatif untuk tetap bertahan pada era teknologi yang semakin pesat ini. Dalam blog kita dihadapkan dengan pengunjung yang akan menilai seberapa bagus konten yang kita sajikan.

MENCARI IDE

Berbicara tentang konten blog, juga perlu adanya perencanaan dan konsep. untuk menemukan ide awal, biasanya saya selancar maya di blog orang lain ataupun sambil menghirup udara segar ditaman kota. Konten kreatif di blog tidak selalu harus dengan infografis atau desain grafis. Cari sesuatu ide yang baru dan fresh, karena blogger dituntut untuk selalu kreatif dan berkreasi, tidak stuck di itu-itu saja.

MEMBUAT KONSEP

Setelah muter-muter dan punya ide, kita perlu melakukan sketsa atau pencatatan dalam bentuk konsep, konsep disini bisa mempertegas mau seperti apa ide tersebut direalisasikannya. tanpa sebuah konsep yang matang terkadang hasil akan kurang maksimal.

Bila dapet 1 ide, coba jabarkan menjadi 3 sub ide atau lebih. nah setelah mendapatkan 3 sub ide tersebut lalu buat poin poin penting pada ketiga sub ide tersebut. Kamu bisa corat coret di kertas atau apalah, tapi kalau kamu bepergian, kamu bisa buat kerangka tersebut dengan laptop yang kamu bawa. Setelah itu jabarkan semua poin poin tersebut menjadi lengkap dan detail dan buat alur cerita dari poin tersebut.

KERJAKAN

Proses ini adalah yang paling penting, percuma kamu konsep sebagus mungkin tapi gak dikerjakan, percuma punya cita cita tinggi tapi gak berusaha. Semua hal pasti melalui tahap ini seperti pembuatan video, desain grafis, animasi, motion grafis, hingga membuat artikel.

Performa dan Spesifikasi
Performa dan Spesifikasi

Dari segala aktivitas produktif yang saya tekuni diatas membutuhkan laptop yang mempunyai spesifikasi mumpuni dengan harga terjangkau sesuai kantong mahasiswa hehe. Ya, perkenalkan Asus Vivobook A407 kini hadir pada April lalu yang cocok banget buat para mahasiswa, konten kreator (video, artikel, foto), pebisnis muda dan tentunya untuk generasi millenials yang membutuhkan laptop untuk dibawa kemana-mana namun tetap gahar.

Mengapa saya berani bilang begitu? dari segi performa sudah dilengkapi dengan prosesor intel core i3 6006U, dimana kode U dibelakang menjukkan low power yang artinya hanya mengkonsumsi sedikit daya, disandingkan dengan grafis Nvidia Geforce MX110 2GB untuk seri A407UB yang membuat proses render lebih cepat. Cocok banget buat pengguna software photoshop, premier, corel draw. Kalau saya pasti menggunakan CUDA untuk merender video yang merupakan teknologi dari GPU, gunanya yakni untuk mempercepat proses render. berbeda dengan grafis lainnya yang hanya menggunakan prosesor untuk ngerender.

Salah satu aset dari seorang online shopper dan konten kreatif adalah foto dan video, dimana foto yang dihasilkan harus memiliki kriteria yang bagus baik dari segi angle, lighting hingga aspek lainnya, untuk mendapatkan file foto tersebut kadang membutuhkan kamera yang berteknologi yang selalu menghasilkan foto berukuran besar (seperti format raw), bisa saja ukuran filenya mencapai 20- 100 mb, nah iya kalau cuma 5 foto, kalau sampai 5.000 foto? Cukup menguras penyimpanan, disini Asus Vivobook A407 sudah dibekali dengan media penyimpanan berupa hardisk 5400 RPM SATA sebesar 1TB, buat para online shopper dan pebisnis muda ini sangat cocok untuk menyimpan beberapa katalog produk kalian.

Bagi seorang yang produktif seperti konten kreator tentu akan sering melakukan multi tasking, artinya berpindah pindah aplikasi secara cepat, nah pada proses ini membutuhkan RAM yang besar. eits pada laptop ini sudah menggunakan 4GB RAM yang bisa di tambah hingga 8GB.

ASUS Splendid

Laptop ini menggunakan layar 14 inch yang terbilang sudah cukup untuk multimedia dengan refreshrate 60Hz dengan panel NTSC 45% sehingga menghasilkan sekitar 63% sRGB yang membuat warna semakin akurat, tak hanya itu dari segi teknologi sudah dibenamkan ASUS Splendid yang memiliki beberapa mode seperti normal, vivid, eyecare dan manual, hal ini dapat mengurangi cahaya biru sehingga mengurangi ketegangan pada mata dan dampaknya mata jadi tidak cepat lelah, pada saat membaca atau membuat naskah yang membutuhkan waktu lama di depan komputer, saya menyarankan menggunakan mode eyecare pada level 4. ASUS Tru2Life Video adalah teknologi lainnya yang mengoptimalkan secara cerdas setiap piksel dalam bingkai video untuk meningkatkan ketajaman dan kontras hingga 150%.

Display yang bagus tidak lengkap rasanya bila tidak mendapatkan audio yang cetar membahana, eits, tenang asus sudah menggunakan teknologi SonicMaster yang sudah teruji kecanggihannya, masih kurang? kamu bisa menggunakan ASUS Audio Wizard yang dapat digunakan untuk mengatur secara manual sehingga kamu bisa mendapatkan audio yang ideal sesuai keinginan dan jenis audio yang diputar.

Desain Asus Vivobook A407
Desain Asus Vivobook A407

Untuk mendapatkan konten yang bagus terkadang saya travelling ke luar kota dengan menggunakan kereta ataupun naik bis, nah daripada menganggur didalam angkutan tentu saya ngeblog atau sekedar membuat poin poin artikel, namun terkadang kalau kita pakai touchpad bawaan sering kegeser-geser sendiri kan? nah biasanya pakai mouse, dengan paha sebagai mouse padnya hehe. Dengan vivobook A407 kamu tak perlu khawatir hal itu terjadi, karena touchpadnya sudah lebih luas, yang memungkinkan pengguna lebih mudah mengaksesnya.

Untuk urusan multimedia, fitur NANOEDGE DISPLAY atau bezel tipis sekitar 7,1 mm sudah disematkan pada seri kali ini. yang mana dari segi desain sangat minimalis dan dengan layar 14 inch plus bezel tipis dari segi multimedia akan lebih mantap ketika nonton video ataupun mengedit.

Asus A407 Nano Edge Display
Asus A407 Nano Edge Display

Tak hanya touchpad yang luas, keyboard pada laptop ini memiliki jarak yang sesuai sehingga membuat mengetik jadi lebih nyaman. Jadi buat kamu seorang penulis artikel ataupun script gak bakalan typo nih nulis naskah dengan laptop ini.

Perpaduan warna dan aksen brushed metal pada laptop ini membuat tampilannya semakin stylish dan elegant, jadi gak bakalan malu-maluin kalau dibawa ke tempat nongkrong hehe. Overall, secara keseluruhan laptop ini berbahan plastik, penggunaan bahan ini yaitu untuk menekan harga dari laptop ini, maka dari itu harganya terbilang terjangkau.

Dimensi Asus Vivobook A407
Dimensi Asus Vivobook A407

Ringan dan Tipis: Barang bawaan berupa kamera, tripod, mic dan laptop adalah hal wajib yang perlu dibawa ketika membuat konten video atau foto di tempat wisata namun yang menjadi masalah, apakah sanggup membawa beban berat? Laptop laptop dulu beratnya aja mencapai 2-3 kg, apakah sanggup? dan dimensinya pun terbilang bongsor. Nah laptop dengan bobot yang ringan dan dimensi yang kecil bisa jadi solusinya, dan Asus Vivobook A407 inilah jawabannya. Tebalnya cuma 21,9 dengan berat 1,5 kg sudah dengan baterai, enak banget buat ditenteng kemana-mana. Lagi-lagi tujuan penggunaan bahan plastik pada laptop ini salah satunya juga untuk menekan bobot.

 

Fitur Asus VivoBook A407
Fitur Asus VivoBook A407

Dari sisi fungsional laptop ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, disisi kanan laptop terdapat usb port 2.0, lampu indikator dan security lock untuk pengaman laptop ketika dipajang di tempat umum.  Sedangkan dari sisi sebelah kanan terbilang lebih banyak port seperti lubang power dengan output 19V DC, 2,37A 45W, exhaust, micro sd, hdmi, usb 3.0 dan audio combo jack.

Fingerprint: Sebagai seorang pebisnis tentu memiliki laptop dengan keamanan tinggi sangat diperlukan, mengingat dokumen penting berupa strategi bisnis ataupun privasi dokumen. masalah itu rupanya sudah diatasi oleh Asus Vivobook A407 yang memiliki fingerprint sensor, yaps, bukan hanya smartphone yang memiliki fingerprint, Teknologi ini terbilang baru di kanca notebook atau laptop. Fitur ini digunakan untuk login cepat dan mudah dengan Windows Hello. Fungsi pengenalan 360° meningkatkan akurasi pemindaian, bahkan jika tangan Anda basah fitur ini akan tetap memindai sidik dengan cepat. Jadi kalian gaperlu menghafal kata sandi yang rumit. Dari segi desain penempatan fingerprint cukup bagus berada dipojok kanan touchpad sehingga terlihat beda dengan laptop pada umumnya.

 

Inhaust pada laptop ini berada di bawah, sedangkan exhaust berada di sebelah kanan yang cocok banget buat pengguna yang terbiasa menggunakan mouse disebelah kanan, sehingga pengeluaran panas dari dalam tidak terkena tangan. dari segi pendinginan asus menggunakan Teknologi ASUS IceCool menggunakan kontrol kipas yang cerdas, sehingga menciptakan sistem pendinginan yang efisien yang menjaga suhu permukaan palm rest rata-rata di bawah 36° C – lebih rendah dari suhu tubuh – sehingga Anda mendapatkan kinerja pendinginan yang kuat dan pengalaman pengguna yang nyaman, kenapa laptop bisa panas? ya pada saat laptop memaksimalkan performa terutama di graphic card dan prosesor maka kinerja masing-masing perangkat akan meningkat yang dapat menimbulkan panas, dengan teknologi ini kamu tidak perlu khawatir laptop panas berlebih.

Untuk menunjang aktivitas kamu scroll, tranform dan lainnya. fitur multi gesture mungkin sangat cocok buat kamu. yang mana dapat memudahkan dalam klik kanan, scroll, multi tasking dan lainnya.

Audio combo jack dan HDMI, mungkin kalian bertanya kenapa gak ada port VGA yang ke proyektor? yaelah, sekarang sudah zamannya video beresoluasi tinggi. Untuk menghasilkan muti display pada video yang beresolusi 1080P atau FullHD keatas, kabel HDMI lebih mumpuni karena akan realtime. Oleh karena itu laptop ini sudah menggunakan HDMI, kalau kamu mau pakai VGA bisa juga, tinggal beli Converter HDMI to VGA mungkin cuma 30 ribuan. Sedangkan dengan port audio combo jack kamu bisa menggunakan mic ataupun headphone pada satu port.

Untuk konten kreator port micro SD mungkin sangat penting ya untuk tranfer data yang cepat, dibagian kanan port tersebut sudah disediakan jadi kalau mau transfer dari kamera ataupun hp tinggal lepas kartu memori, lalu tancapkan dah.

Selain fitur diatas, Asus juga memberikan beberapa fitur tambahan pada Asus Vivobook A407 yang menurutku sangat penting seperti Over voltage protection, battery protection dll, dengan adanya teknologi ini meskipun kamu ngecas hingga baterai penuh tanpa melepas power hal itu tidak akan berpengaruh pada umur baterai dan componen laptop, cara kerjanya, apabila daya baterai sudah penuh secara otomatis power dari listrik ke baterai akan terputus. Selain itu Asus mengklaim bahwa pengecasan 60% hanya membutuhkan sekitar 49 menit.

Logo Asus
Logo Asus

Kamu bisa membawa pulang laptop ini dengan harga 6.499 juta untuk A407UB yang dibekali grafis MX110 sedangkan A407UA 5,799 dengan grafis intel HD,  dengan pilihan warna Star Grey dan Icicle Gold. Asus akan memberikan garansi selama 2 tahun pada setiap tipe tersebut, So, jangan khawatir! Semangat berkarya untuk negeri ini guys!

11 KOMENTAR

  1. Eh bang, kemaren saya beli seri yang A407UA buat ngaktifin mode eyecare gimana?

  2. Mantapp, gua pengen upgrade laptop nih, thanks kang artikelnya

  3. oalah, padhl exhaustnya satu. ternyata ada teknologi ini toh. thanks infonya bang

    • Iya kang, ada teknologi iceCoolnya, biasanya di fan asus akan secara otomatis akan meningkatkan rpm fan kalau kinerja semakin meningkat

Masukkan Balasan

*