Tujuan Riset Pemasaran untuk Memperbaiki Strategi Pemasaran

Tujuan Riset Pemasaran untuk Memperbaiki Strategi Pemasaran

Tujuan Riset Pemasaran

Tujuan Riset Pemasaran – Riset pemasaran atau research marketing adalah kegiatan penelitian dibidang pemasaran yang di lakukan secara sistematis mulai dari perumusan masalah , tujuan penelitian, pemgumpulan data, pengelolaan data, dan interpretasi hasil penelitian. kesemanya ini ditujukan untuk masukan pihak manajemen dalam rangka identifikasi masalah dan pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. hasil riset pemasaran ini dapat dipakai untuk perumusan strategi pemasaran dalam merebut peluang pasar.

Maksud tindakan yang sistematis adalah suatu tindakan yang dilakukan secara teratur dan konsisten , didasarkan atas kegiatan yang ilmiah serta dapat dibuktikan kebenarannya. Untuk kegiatan riset pasar, mulai dari perumusan masalah, pengumpulan data, analisis data serta pengujian hipotesa/hipotesis.

Seseorang melakukan riset pemasaran dalam beberapa permasalahan tentunya memiliki sebuah tujuan untuk mencapai target yang telah ditentukan , Berikut beberapa tujuan dari riset pemasaran :

  1. Mendapatkan informasi yang akurat sehingga dapat menjelaskan secara obyektif kenyataan yang ada.
  2. Bebas dari pengaruh  keinginan pribadi.
  3. Identifikasi , meliputi kegiatan mulai dari masalah menajemen sampai merumuskannya kedalam bentuk maslaah riset pemasaran (Marketing research problem).
  4. Menggunakan metode yang tepat dalam pengumpulan data risetnya
  5. Menggunakan analisis yang tepat.
  6. Interpretasi.

Riset pemasaran sangat membantu menajer pemasaran atau sales untuk menghubungkan antara Konsumen – Variabel Pemasaran – Lingkungan . Tentunya hal tersebut akan ada beberapa kendala atau permasalahan diantaranya ada dua kendala secara umum yakni Yang Dapat di Kontrol dan Yang Tidak Dapat di Kontrol.   untuk yang dapat di kontrol yakni diantaranya sebagai berikut :

  1. Produk : Dalam melakukan riset tentunya harus meriset yang pertama yakni produk karena produk merupakan hal yang paling pokok yang ada dalam sebuah pemasaran, kalau tidak ada produk/jasanya apa yang harus di pasarkan? namun dalam mencari sebuah data mengenai produk yang mau di riset kita bisa langsung mendata produk tersebut.
  2. Harga : Harga merupakan object riset yang nantinya kita hari datanya sesuai dengan kebutuhan riset , dan pastinya harga menjadi nomor 2 setelah produk . karena kalau tidak ada produk tidak mungkin ada harga 😀
  3. Promosi : Setelah itu kita evaluasi kembali promosi dalam pemasaran tersebut. Biasanya dalam pemasaran promosi adalah hal yang terpenting.
  4. Distribusi : Merupakan sebuah pemasokan barang dari pabrik ke distributor yang diteruskan hingga sampai ke tangan konsumen , mengapa distribusi tersebut perlu dilakukan riset / evaluasi? karena mungkin dalam distrubusinya yang mengalami kendala. oleh karena itu distribusi masuk ke dalam daftar evaluasi.

dalam meriset pasar juga nantinya akan ditemukan beberapa kendala / permasalahan yang akan dihadapi seorang yang bekerja di bidang pemasaran ketika diperintah untuk meriset pasar , salah satu kendalanya lagi yaitu masalah yang tidak dapat di Kontrol , berikut diantaranya :

  1. Kondisi Ekonomi
  2. Teknologi
  3. Peraturan pemerintah
  4. Politik
  5. Kompetisi
  6. Perubahan Sosial

Mengapa ada maslaah yang tidak dapat di kontrol? karena seperti kondisi ekonomi kita tidak bisa langsung mengevaluasi karena setiap penduduk berbeda beda dan perlu melakukan survey lebih mendalam dalam menentukan kondisi ekonomi dan lain lainnya.

Sekian dulu artikel mengenai tujuan Riset Pemasaran semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk subscribe newsletter kami untuk mendapatkan artikel baru ke email kamu.

1 KOMENTAR

  1. Artikelnya lumayan lengkap, jadi tambah semangat untuk belajar tentang riset pemasaran. Terima kasih Mamang Graphic 🙂

Masukkan Balasan

*