Tips Memilih Kamera Digital Terbaik Untuk Pemula

Tips Memilih Kamera Digital Terbaik Untuk Pemula

Tips Memilih Kamera

Orang awam dalam memilih kamera pada era sekarang akan lebih sulit bila dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu dimana hanya ada satu sistem kamera yang sangat populer yakni kamera digital (DSLR). Kini muncul banyak sistem baru yang mulai berkembang dan terus dikembangkan, yang juga menjadi saingan sistem kamera DSLR yang sudah puluhan tahun mendominasi pasar kamera digital.

Idealnya, sebuah sistem kamera yang memiliki ukuran kecil, ringan, menghasilkan kualitas foto dan video yang bagus serta memilih fitur digital yang cukup banyak. Tapi sampai sekarang masih sulit ditemukan sebuah sistem kamera yang ideal seperti harapan tersebut. Pada era dulu kamera pocket menjadi pilihan utama untuk memperoleh kepraktisan dalam sebuah pemilihan kamera. Namun, kualitas yang dihasilkan masih jauh dari kata sempurna, apalagi kita tidak bisa mengganti lensa sesuai keinginan, jadi kita agak susah melakukan eksplorasi fitur.

Selain kamera pocket, kita juga bisa memilih kamera DSLR, kualitas yang dihasilkan lebih baik daripada kamera pocket. Tapi bobot yang dihasilkan lebih berat dibandingkan kamera pocket.

Baca Juga: Memilih Format dan Ukuran Foto Sebelum Memulai Motret

Jika kita ingin mencari kompromi antara kualitas, kinerja dan ukuran maka saat ini telah hadir sebuah sistem kamera baru seperti mirrorless yang menggunakan sistem micro four thirds. Agar anda lebih mudah dalam memilih sebuah kamera, ada baiknya bila anda mengetahui secara jelas mengenai kamera yang beredar dipasaran.

Kamera Yang Beredar di Pasaran

jika kalian ingin kamera yang praktis dan mudah dibawa kemana-mana dan bisa masuk saku, maka kamu bisa memilih kamera pocket (kamera saku), tapi kamera saku memiliki lensa satu atau menjadi satu dengan badan kamera sehingga anda tidak bisa menukar lensa.

Ada beberapa jenis kamera saku yang beredar dipasaran, mulai dari kamera saku untuk dokumentasi biasa, hingga kamera saku super canggih yang bisa superzoom. kamera saku tipe itu memiliki kualitas perekaman foto dan video dengan format RAW, jadi lebih baik dibandingkan dengan kamera saku biasa. Selain kamera saku superzoom, dipasaran juga ada kamera saku dengan lensa lebar. Kamera semacam ini sangat cocok bagi anda yang sering travelling mendokumentasikan keindahan alam atau gedung, dimana dalam pengambilan tersebut membutuhkan jangkauan yang luas.

1. Sistem Nikon 1

Sistem Nikon 1

Nama sistem nikon satu itu diambil karena berdasarkan sensor gambar yang berukuran satu inch, dimana ukuran sensor ini ber crop factor 2,7 x yang artinya lebih kecil dari kamera DSLR yang ada dipasaran (1,5) atau kamera Nikon yang bersensor full frame (1x). Sensor seperti ini diperuntukan bagi pemula yang menginginkan kualitas foto lebih baik daripada kamera pocket tetapi tidak ingin sebesar sistem DSLR. dimana fitur dari kamera ini dapat dioptimalkan untuk orang yang ingin memahami dasar fotografi.

2. Micro Four Thirds

Micro Four Thirds

Jika anda tidak menginginkan kamera yang memiliki bobot lebih besar dari kamera DSLR namun ingin kualitas foto yang dihasilkan jauh lebih baik dari kamera saku, pilihan yang cocok yaitu kamera dengan sistem MFT. Dukungan dari sistem kamera tersebut didukung oleh panasonic, Leice, Sigma. dukungan yang cukup banyak dari produsen besar membuat koleksi lensa yang relatif banyak daripada sistem kamera non DSLR lainnya.

3. Mirrorless System dengan Sensor APS-C

Perbedaan DSLR dan Mirrorless, Mana Yang Lebih Bagus
Perbedaan DSLR dan Mirrorless, Mana Yang Lebih Bagus

Jika anda menginginkan kualitas foto yang sama dengan kamera DSLR namun ingin bobot yang lebih kecil maka anda bisa memilih kamera mirrorless dengan sensor APSC, sudah banyak kamera dengan jenis dan spesifikasi tersebut yang beredar dipasaran seperti halnya kamera Canon M3 dan lainnya.

Keduanya memiliki konsep sensor yang kurang lebih sama dengan kamera DSLR, hanya berbeda pada cerminnya. Meskipun bodi kameranya kecil, lensa mirrorless yang bereda dipasaran relatif berukuran besar dan panjang.

4. Kamera DSLR

Sensor Kamera DSLR Xiaomi Redmi 4

Jika menginginkan kamera yang dapat menghasilkan kualitas foto dengan sensasi bidikan melalui jendela bidik dengan segudang jenis dan aksesoris lensa yang lengkap, kamera DSLR merupakan pilihan terbaik. Secara garis besar era sekarang kamera DSLR terbagi menjadi 2 ada yang bersensor APS-c dan ada juga yang fullframe.

Ada beberapa model kamera DSLR yang bersensor APS-C. seperti model pemula yang biasanya harganya murah karena kinerja tidak  begitu cepat dengan fitur terbatas.

Ada model menengah yang ditujukan kepada para mereka yang ingin lebih serius mendalapi teknis fotografi. kamera model ini biasanya memiliki lebih banyak fitur yang dilengkapi dengan tombol yang cukup lengkap.

Sedangkan kamera bersensor Full Frame, diperuntukan untuk para professional yang memprioritaskan kualitas foto dan kinerja yang cepat dan baik. mulai dari kinerja ISO, fitur ISO.

5. Kamera SLT

SLT

Kamera sistem ini memiliki auto fokus lebih baik dari DSLR, namun ya tergantung pada tipenya juga. dengan sistem ini kinerja auto fokus saat live view jauh lebih baik, kecepatan jepret tiap detiknya juga sangat cepat. Sistem ini cocok dengan kamera DSLR Sony versi Alpha. kelemahan jendela bidik elektronik pada sistem ini tentu akan lebih cepat menguras baterai.

Bila anda pengguna untuk melakukan perekaman video yang lebih baik sebaiknya, anda bisa memilih kamera dengan sistem ini.

Masukkan Balasan

*