Tips Memilih Kamera dan Lensa Untuk Mengabadikan Travellingmu

Tips Memilih Kamera dan Lensa Untuk Mengabadikan Travellingmu

Mengabadikan momen liburan menjadi suatu hal yang wajib diera digital sekarang. Foto liburan tersebut biasanya dijadikan bahan posting di instagram ataupun sebagai kenang-kenangan pribadi dalam galeri atau bingkai foto. Bagi anda yang memiliki rencana liburan yang melalui perjalanan sulit dan panjang sebaiknya membawa peralatan yang ringkas dan memiliki fungsionalitas baik.

Memang sih, era sekarang sudah banyak jasa fotografi travelling. Tapi, apabila anda tidak menyewa jasa tersebut dan mengharuskan untuk membawa peralatan fotografi sendiri, maka berikut tips agar momen liburanmu tidak terlewatkan.

1. Kamera

Sebaiknya anda membawa kamera kecil namun memiliki fungsionalitas yang dapat mewakili semua kebutuhan selama liburan. Terus kamera apa? saya menyarankan untuk membawa kamera mirrorless yang memilii body ringkas namun punya segudang fitur yang menakjubkan. Kamera mirrorless sendiri memiliki bobot lebih kecil dari DSLR, jadi tidak terlalu memakan space di tasmu. Kenapa tidak kamera pocket? kalau terpaksa harus kamera pocket ya apa boleh buat, namun kamera pocket tidak dapat menangkap momen yang dramatis, kadang di beberapa kondisi kamera pocket tidak dapat memberikan hasil yang memuaskan. Apalagi kamera pocket tidak bisa diganti lensanya.

Baca Juga: Jenis Komposisi Fotografi Rule Of Third atau Aturan Sepertiga Yang Baik

2. Lensa

Lensa yang dibawa sebaiknya memiliki focal length yang dapat dapat menjangkau semua momen. Jangan membawa focal length fix. Memang kalau foto potrait biasanya focal length fix lebih baik. tapi pada saat liburan kamu tidak akan tau kondisi disana. Sebaiknya membawa lensa  dengan rentang yang dapat digunakan disemua momen.

3. Monopod

Agar foto yang dihasilkan tetap steady meskipun dengan kondisi yang tidak memungkinkan, sebaiknya membawa monopod untuk menopang kameramu. Usahakan jangan bawa tripod agar tidak terlalu menyulitkanmu selama liburan.

4. Filter

Gunakan filter UV lebih baik lagi menggunakan filter variabel ND, dimana pada saat kondisi matahari sangat terik maka diminimalisir oleh filter tersebut sehingga cahaya yang masuk ke sensor tidak berlebihan, sehingga hasil fotomu lebih ciamik.

5. Tas

Bawa tas yang memiliki ukuran sedang, yang dapat menampung semua peralatan kamera dan bekalmu selama liburan. Usahakan jangan bawa tas yang terlalu besar karena akan menyulitkanmu selama perjalanan liburan.

Masukkan Balasan

*