Tips dan Pengertian Fotografi – Hal Wajib yang harus diketahui Fotografer Pemula

Tips dan Pengertian Fotografi – Hal Wajib yang harus diketahui Fotografer Pemula

Tips dan Pengertian Fotografi – Hal Wajib yang harus diketahui Fotografer Pemula – Dalam pengeritan umum  fotografi yakni melukis dengan cahaya. prakteknya dalah menggunakna kamera , dan saat ini kamera sudah terbagi menjadi 5 jenis , yaitu kamera pocket , kamera manual – SLR (Single Lens Reflective) , kamera medium format , kamera automatic dan kamera digital . sedangkan kamera underwater dan kamera sinar merupakan pengembangan dari model kamera digital dan manual . Dunia Fotografi identik dengan fashion.


Fotografi dalam desain grafis , merupakan salah satu elemen yang tidak boleh ditinggalkan . kepekaan terhadap Fotografi dapat menambah kecanggihan kamu dalam merancang suatu desain. pada postingan ini saya hanya memaparkan beberapa jenis foto yang sering digunakan untuk keperluanpublikasi , diantaranya foto model , stillife , foto jurnalistik . 

1. Foto Model
Terbagi menjadi dua bagian pemotretan , yaitu pemotretan indor dan outdoor. indoor adalah segi pemotretan dalam ruangan . biasanya tempat pemotretan disebut studio atau studio lab . didalamnya berisi alat-alat pendukung pemotretan beserta cahaya buatan . Misalnya , 

  • Tripod (Kaki tiga) berfungsi sebagai kaki kamera  atau penyanggah kamera , agar tidak goyang . tripod ini biasanya digunakan untuk kamera yang besar – ukuran slidenya 6×7 atau biasa disebut medium format , bisa juga untuk SLR dan DSLR . salah satu sifat pemotretan dalam ruangan yaitu mempunyai intensitas cahaya yang kurang, sehingga sangat dibutuhkan tripod.
  • Kamera medium format 6×7 adalah jenis kamera yang digunakan untuk pemotretan dalam dan luar ruangan kelebihan dari kamera medium format diantaranya keakuratan cahaya , kepekaan objek serta ukuran foto lebih besar .
  • Softbox , bentuknya bervariasi dari mulai bujursangkar atau persegi panjang , berwarna hitam , ukurannya bervariasa sesuai kegunaan . pada bagian belakang terdapat lampu sorot , dengan kekuatan yang maksimal , khusu untuk cahaya kilat / blitz . softbox ini akan membantu fotografer dalam menghasilkan cahaya yang lembut.
  • Lampu Sorot , alat ini digunakan untuk memberikan cahaya pada model . alat ini terdii dari lampu utama dan tiang penyanggah . alat ini mempunyai daya listrik yang besar. penggunaan alat ini biasanya diarahkan ketas dan menjauhi model.
  • Rel Kamera , alat ini sebagai pelengkap namun juga penting menentukan posisi kamera . rel kamera tergantung langit langit studio , rel kamera dapat membantu fotografer untuk menemukan posisi yang tepat dalam memotret , terkadang harus keatas sedikit , kebawah dan lain sebagainya.
  • Alat pengukur cahaya . alat ini ukurannya sebesar tangan orang dewasa . fungsinya untuk membaca cahaya dan menentukan kecepatan dan bukaan diafragma yang idelan dalam pemotretan tersebut.
  • Background atau latar , biasanya diletakkan dibagian belakang dan dekat dengan tembok , pada studio biasanya sudah ditentukan jarak antara model dengan background namun ini tergantung dari kebutuhan di fotografer. 
2. Still life 
Jenis fotografi yang satu ini menampilkan keindahan benda. eksplorasi benda pada saat sisi-sisinya , dengan maksud untuk menunjukkan kelebihannya, fotografi jenis ini biasanya digunakan untuk produk komersial , misalnya shampo ,sabun , radio , mobil . kamera yang digunakan juga relatif sama , artinya dapat menggunakan SLR atau DSLR atau medium format , jika terpaksa pun kamu bisa menggunakan kamera pocket walaupun dalam prakteknya sangat jarang seorang desainer apalagi fotografer menggunakan kamera pocket. 

3. Jurnalistik
Umumnya fotografer menggunakan kamera otomatis yaitu kamera yang memiliki autofocus , kamera jenis ini memang sesuai dengan pekerjaan para jurnalis, yang benar0benar mengandalkan momen atau peristiwa sebagai objek foto . berbagaiperistiwa seperti kenaikan BBM , korupsi  itu semua menjadi santapan para fotografer jurnalis. salah satu contoh darisifat karya jurnalis adalah semua foto yang ada media cetak seperti surat kabar, majalah . dan biasanya foto yang diberikan jurnalis adalah foto asli tanpa editan karena jurnasli lebih mengutamakan ke sisi dokumenter . 

2 KOMENTAR

Masukkan Balasan

*