Tips Cara Membuat Website CMS Sendiri dari Awal (Tahap Persiapan)

Tips Cara Membuat Website CMS Sendiri dari Awal (Tahap Persiapan)

Tips Cara Membuat Website Sendiri

Manentukan Fitur Website CMS

Tips cara membuat website sendiri dari awal yang harus dipikirkan sebelumnya adalah penentuan fitur yang ada pada CMS, banyak sekali perencanaan dalam pembuatan website, salah satunya manajemen fitur yang ada pada website yang akan kita buat.

Fitur pertama terkait manajemen Artikel, berfungsi untuk mengelola artikel yang akan di update secara berkala baik oleh admin ataupun kontributor untuk sistemnya tergantung pada konsep yang telah ditentukan.

Manajemen kategori, manajemen tag dimana kedua fitur tersebut hampir sama yakni mengelompokkan konten seperti, halaman, artikel menjadi satu selain itu juga memiliki fungsi yang berkaitan dengan SEO sebuah artikel.

Manajemen Halaman, berfungsi untuk mengolah halaman, apa perbedaannya dengan artikel? kalau artikel sering disebut post dimana sifatnya dinamis artinya akan terus diupdate secara berkala. sedangkan halaman sifatnya statis biasanya digunakan untuk pembuatan informasi, contact us, about us dll. Selain itu juga ada manajemen komentar yang berfungsi untuk mengelola komentar yang ditinggalkan pengunjung di artikel.

Manajemen Modul, yang berfungsi untuk mengelola modul tambahan berupa widget, manajemen template yang berfungsi untuk mengelola tema dari suatu website yang aktif, dimana anda sebagai admin dapat mengganti secara dinamis tergantung keinginan.

Baca juga: Membuat Site Short URL Sendiri dengan Cpanel- Tutorial Website

Manajemen Menu, berfungsi untuk mengatur menu di website, menu biasanya tidak hanya terletak di header utama, melainkan juga bertempat di top header, footer, sidebar dan lainnya.

Manajemen data, backup dll. manajemen ini terkait dengan data olahan website mulai dari identitas, pengaturan umum, tabline, favicon, sedangkan backup bertujuan untuk menyimpan data website untuk jaga jaga, jika kalau nanti website kita terhapus atau mendapatkan kejadian yang tidak diinginkan, kita tetap bisa restore, atau mengembalikannya.

Perancangan database

Setelah melakukan tahap menentukan fitur yang diiginkan dalam website CMS, sekarang masuk pada tahap perancangan database. database itu diibaratkan sebagai tempat penyimpanan sebuah atribut tiap manajemen website. dimana nanti akan berisikan tabel tabel.

Sebagai contoh nama database “mamang” berisikan tabel artikel dimana dengan atribut seperti id artikel, judul, body, gambar, hari, tanggal, jam, id user, kategori, tag, hits, tag, dan lainnya.

Jadi apabila nanti anda membuat artikel secara otomatis semua atribut tersebut akan terekan dalam tabel artikel tersebut. dan biasanya setiap tabel memiliki primary key yang membedakan antar tabel.

Mengatur Struktur Folder CMS

Sebelumnya sudah paham kedua tips cara membuat website sendiri tahap perencanaan diatas? kalau sudah paham kita lanjut pada pengaturan struktur folder CMS. pengaturan folder ini sangat penting agar file tertata dalam folder yang memiliki karakteristik file yang sama.

Memang kalau isi website kita cuma data data kecil tidak terlihat. dampaknya akan terlihat bila kamu sudah punya banyak data atau modul tambahan. Dengan menata folder memudahkan pencarian file yang diinginkan. Mengingat kita menggunakan berbagai macam pemrograman bahasa sebagai format. ada baiknya bila kita juga memisahkan masing masing jenis bahasa tersebut kedalam beberapa folder berbeda.

biasanya dalam folder utama “mamanggraphic” akan terdapat beberapa folder mulai dari admin, library, media, plugin, module, template. dimana masing masing folder tersebut memiliki fungsi yang berbeda sebagai contoh dalam folder library biasanya digunakan untuk menyimpan file php yang sering digunakan oleh file file lain. baik pada halaman admin ataupun pada website utama.

Membuat File Konfigurasi

Dalam file CMS biasanya ada satu file yang harus kita edit secara manual, biasanya diberi nama koneksp.php atau config.php, dan biasanya berisi sript untuk mengkoneksikan antara database dengan berbagai skrip lainnya yang berhubungan dengan pengaturan dari website.

Petelakannya biasanya didalam folder utama ataupun di folder library. untuk mengetahui file skrip diatas sudah benar atau tidak, anda bisa ketikkan localhost/mamanggraphic/library/config.php | Catatan: dimana mamanggraphic adalah folder utama.

Masukkan Balasan

*