Rangkaian Menu Ramadhan Anak Kos dengan So Good #NikmatHQQ

Rangkaian Menu Ramadhan Anak Kos dengan So Good #NikmatHQQ

Masakan Ala Anak KOS

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang kehadirannya selalu dinantikan dan dirindukan oleh umat islam indonesia bahkan di dunia. Setiap orang pasti punya cerita seru saat bulan ramadhan yang selalu dinanti dan ingat baik saat menjalankan ibadah puasa, nyari takjil bareng bokap, berbuka puasa dengan keluarga, main mercon hingga makan sahur, bahkan pas kita masih kecil sering mencuri kesempatan buat membatalkan puasa hehe. Kejadian tersebut pasti juga dialami oleh anak kos yang jauh dari keluarga.

Memang suasana sedih akan menghampiri yang sudah terbiasa dengan kehangatan keluarga, tiba tiba harus mandiri. Suka duka harus dilalui oleh anak perantau. Berbicara anak kos kita sepakat bahwa mereka memiliki resiko kesehatan yang cukup tinggi, hal itu dipicu dari berbagai pola hidup mulai dari ketidakteraturan makan, asupan gizi hingga sifat apatis terhadap kebersihan lingkungan sekitar kosan.

Minimnya kepedulian terhadap masalah tersebut, membuat saya berpikir bahwa anak kos perlu membentuk suatu pola yang bisa mengatur kehidupan sehari-hari supaya terhindar dari bahaya penyakit yang mengintai. Asupan gizi adalah hal utama yang perlu diperbaiki oleh anak kos.

Masalah anak kos selama bulan ramadhan

Sahur kesiangan

Di bulan ramadhan berbagai masalah tentang pola hidup akan semakin terasa, kehidupan anak kos jauh berbeda bila dibandingkan dengan kebiasaan saat kita dirumah, kita bisa dengan tenang bangun sahur karena biasanya saat tiba waktu sahur, pintu kamar kita digedor-gedor, berbeda saat di kos. Kelewatan sahur adalah hal yang lumrah, karena selain gak ada yang bangunin, begadang untuk nugas adalah faktor lain. Jadi sabar aja kalau bangun-bangun tiba tiba sudah adzan subuh hehe.

Buka Puasa Ala Kadarnya

Momen berbuka puasa bersama keluarga adalah hal yang paling diinget ketika kita berada di dalam kamar kosan yang lagi meratapi buka puasa hari ini, saya sering mikir gini “Nanti makan apa ya?” Momen seperti ini pasti pernah kamu alami dimana saat uang kiriman sudah habis padahal awal bulan masih lama. saat itulah pikiran bingung melanda, saat itu juga insting bertahan hidup seorang anak kos muncul. Untungnya ramadhan bulan penuh berkah, tawaran berbuka puasa gratis sering diselenggarakan dibulan ini.

Biasanya tawaran ini bisa ditemui di masjid kampus, masjid sekitar kampus, maupun spot spot lain yang menyediakan. Itulah pilihan yang sering kita manfaatkan, sebagai orang yang memiliki insting kuat untuk bertahan hidup, anak kos sudah hafal akan menu menu disetiap mesjid hehe. biasanya sih sama aja.

Nah karena di mesjid menunya kadang tiap harinya sama aja, kadang beberapa anak nyari spot-spot pembagian takjil yang biasanya dilakukan oleh anak himpunan, lembaga atau instansi pemerintahan. Yang penting kita agak mepet ke pinggir jalan biar bisa menangkap takjil yang dijulurkan wkwk, nah kalau gak dapet, kita bisa langsung puter balik, dan ulangi langkah sebelumnya wkwk. Meski begitu makanan yang kita dapatkan pasti ala kadarnya, kadang air sama nasik kotak dengan lauk mie.

Cari Makan Sahur Susah, Akhirnya Makan Mie

Jangan harap makanan sahur tiba tiba ada didepan mata saat kita ngekos, sebagai seseorang yang jauh dari orang tua kita dihadapkan dengan situasi yang menuntut kemandirian, semuanya harus dikerjakan mandiri seperti masak atau cari lauk.

Beberapa jam sebelum waktu sahur tiba (tengah malam), dengan maksud agar tidak kelewatan sahur lagi. Pada saat membeli makanan sahur biasanya warung-warung sudah pada tutup, apalagi kalau di perantauan warung banyak libur, paling hanya warung kopi yang buka. Ya pada akhirnya kita cuma bisa beli Nasi Mie Telor. Lagi lagi dengan mie.

Masak Sendiri Ribet

Keterbatasan menjadi anak kosan yaitu perlengkapan masak yang biasanya sangat terbatas, kemampuan memasakpun masih terbilang newbie. Oleh karena itu biasanya saya meminta bantuan teman cewe saya untuk memasakannya.

Makanan yang dapat diolah dengan instan adalah hal yang bisa jadi alternatif, seperti mie instan. Tapi mie instan itu kan kurang menyehatkan, nah disini saya punya tips sendiri untuk memasak Menu Bulan Ramadhan dengan Instan dan Mudah dengan Produk So Good Siap Masak. Simak Selengkapnya!

 

Peralatan Masak

Oke kita mulai masak-masaknya, sebelum masak pastikan kamu sudah punya bahan-bahan, peralatan seperti kompor, wajan, panci dan piring. Oh iya kamu bisa dapatkan varian So Good siap masak di supermarket, seperti hypermart. biasanya tempatnya berada di bagian sayur-sayur. disimpan di freezer yang dijamin kebersihannya.

Rangkaian Menu Ramadhan dengan So Good
Rangkaian Menu Ramadhan dengan So Good

Oke, kali ini saya bersama teman saya akan masak 2 menu masakan yang bisa dihidangkan untuk menu buka puasa dan sahur. Untuk menu “Bakso Mihun Pruk” dihidangkan untuk menu makan sahur, mengapa? karena cukup instan dan hanya membutuhkan bahan-bahan yang terbilang simple dan sedikit. Sedangkan untuk menu buka puasa kita masak “Ayam Saos Tiram Bombom”.

Bako Mihun So Good
Bako Mihun So Good

Waktu makan sahur biasanya dilakukan dijam yang hampir mendekati waktu imsyak atau subuh, oleh karena itu makanan yang disiapkan harus terbilang simple dan mudah untuk dimasak, mengapa? tau sendiri kan kalau kita masak beberapa jam saat sahur pasti capek banget kan kalau masak yang ribet-ribet.

Nah oke kali ini kita akan masak Bakso Mihun Pruk, bahan yang disiapkan seperti kerupuk, mihun, air dan So Good varian bakso kuah rasa ayam. Oke gausah basa basi kita langsung menuju ke dapur saja, eh lupa kalau anak kosan gapunya dapur hehe.

Pertama, hidupkan kompor, kompor anak kos biasanya kecil dan menggunakan gas kecil (kompor camping) hal itu dikarenakan space untuk masak anak kos itu kecil, gak mungkin kan kalau kita bawa kompor gas 2 tungku ke kosan hehe.

Kedua, tuangkan minyak goreng ke wajan, lalu panaskan. setelah itu goreng kerupuk dan bawang putih secukupnya hingga matang. Oh iya pastikan kompor langsung dimatikan karena gasnya cukup mahal hehe.

Ketiga, Sediakan cobek beserta uleg.kannya, lalu uleg kerupuk bersama bawang putih yang sudah digoreng tadi sampai halus, nah kamu bisa haluskan semua kerupuknya langsung, kalau kebanyakan? gausah takut, sisanya bisa kamu taruh di blek, atau toples, kalau gapunya taruk di botol minuman. Dan pastikan sudah dibersihkan ya wadahnya.

Keempat, rebus bakso kuah dengan air secukupnya hingga mendidih. Kelima, Rebus mihun dengan air, kalau ada sisa bisa kamu taruk di kulkas, atau tetap direndam di air. Kelima, Siapkan mangkok, lalu tuangkan mihun tadi secukupnya, lalu tuangkan juga bakso yang sudah direbus tadi, oh iya airnya jangan dibuang bisa langsung dijadikan kuah.

Keenam: Berikan taburan kerupuk yang sudah dihaluskan tadi, nah sisa kerupuk yang sudah dihaluskan bisa kamu pakai saat mau masak selanjutnya. oh iya jangan lupa bumbu dari So Good ditaburkan ke hidangannya, lalu aduk hingga merata. Jangan sampai lupa ya berikan bumbunya hehe, kalau gaada bumbunya bagai sayur tanpa garam hehe. Cukup simple kan?

Ayam Saos Tiram Bombom So Good

Selanjutnya kita akan masak ayam saos tiram bombom, hehe kata bom bom disini karena bahannya ada bawang bombaynya, nah bagi yang gak suka ke bawang bombay bisa diganti dengan bawang daun atau apapun yang kamu suka. karena saya suka bawang bombay, jadi saya pakai bahan ini. Menu hidangan ini untuk makanan berbuka puasa.

Proses pembuatannya cukup simple guys, gausah ribet ribet kalau anak kosan yang penting bisa makan dan yang terpenting mengandung gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Nah kali ini kita cukup beruntung bisa diberikan nikmat makanan yang spesial, mengapa?

Ya karena produk dari So Good terbuat dari bahan baku pilihan yang terjamin kebersihannya, dan produknya selalu berada difreezer, pemotongannya dijamin halal yang proses dengan teknologi proses yang cukup modern yang higienis, karena setiap selesai produksi semua peralatan dibersikan.

Selain itu, produk yang ditawarkan memiliki banyak varian seperti siap olah dan siap masak, varian siap masa terdiri dari Chicken Cuts hingga varian bakso yang memiliki rasa berbeda. Mereka melakukan kontrol ketat terhadap kebersihan dan gizi yang ada di dalam produk seperti omega 3, protein dan gizi lainnya yang bagus untuk asupan tubuh kita.

Kalau penasaran bisa akses website resminya So Good ya, sekarang kita cukupkan dulu bahasnya, langsung fokus ke masakan kedua yaitu Ayam Saos Tiram Bombom.

Pertama, Siapkan semua bahan-bahan seperti Daun selada sebagai garnisnya, Saos ayam tiram, bumbu makanan, cabe merah, bawang bombay dan so good varian chicken cuts.

Kedua, panaskan minyak goreng, sambil menunggu kami bisa siapkan piring dan garnis berupa daun selada, atur hingga cantik hehe. Setelah itu goreng ayam chicken cuts secukupnya aja, oh iya kamu bisa ajak temen-temen kosmu yang lain untuk ikut gabung untuk berbuka puasa loh, karena isi chicken cuts cukup banyak, dan gak mungkin kalau kamu habiskan sendiri hehe.

Ketiga, Tiriskan ayam yang sudah digoreng hingga tak tersisa minyak yang melekat di ayamnya.

Keempat, Siapkan wajan, lalu tuangkan air dan hidupkan kompor, hingga cukup mendidih, sambil lalu kamu iris cabe cabe, jangan lupa keluarkan bijinya. Lalu, iris juga 1 siung bawang bombay secukupnya.

Kelima, Setelah air cukup mendidih, hasil ayam yang sudah di goreng masukkan ke wajan, masukkan juga irisan bawang bombay beserta cabe cabeannya, eh maksudnya cabe yang sudah diiris wkwk, jangan lupa beri sedikit bumbu makanan agar rasanya lebih nikmat.

Keenam, Aduk hingga tercampur sempurna, Lalu tiriskan ke piring yang sudah disediakan sebelumnya, atur agar penampilannya semakin menarik. This is it! Menu makan sahur sudah selesai. Kamu bisa makan dengan nasi yang masih hangat biar lebih mantep.

Oke cukup sekian celotehan anak kos ini, semoga menu yang kita berikan bisa bermanfaat untuk teman seperjuangan ini..

VIDEO PROSES MEMASAKNYA: CINEMATICS STYLE (BUATAN SENDIRI)

1 KOMENTAR

  1. hehehe benar sekali.. Itulah resiko yang harus diambil anak kos yang jauh dari keluarga, tetapi hikmah yang bisa kita dapatkan adalah kita bisa mandiri dan tidak selalu mengandalkan orang-orang disekitar kita

Masukkan Balasan

*