Cara Mengatasi Bot Auto Visitor WordPress

Cara Mengatasi Bot Auto Visitor WordPress

Cara Kerja Bot Auto Visitor

Bot Auto Visitor – berbicara soal bot memang sangat membantu kita dalam pekerjaan yang berulang contoh ketika blog kita terkena bot autovisitor, emang bot tersebut membantu kita dalam meningkatkan pengunjung dan PV namun ahl tersebut termasuk hal yang curang, oleh karena itu sangat tidak di anjurkan apabila kira menggunakan bot tersebut.

bagaimana ketika blog kita di kirimin bot tersebut oleh orang lain? tenang saja pasti ada caranya, emang ketika blog sudah merangkak naik peringkat banyak orang yang suka jail dan iri akan peningkatan blog kita tersebut, oleh karena itu orang yang iris tersebut akan menurunkan blog kita di mata mesin pencari dengan mengiriman bot spam tersebut, terus bagaimana cara kerja dari bot ini? nah hal ini sesuai dari hasil riset saya mulai dari riset keyword, riset ke blog orang lain, baca artikel mengenai cara mengatasi bot ini namun semuanya sama aja, gak ada yang berhasil satupun. saya mempunyai inisiatif untuk melakukan caraku sendiri.

Dan hasil percobaan dan artikel ini berdasarkan pengalaman saya dan insyaallah pasti ampuh, sebelum membahas lebih lanjut mari kita bahas terlebih dahulu cara kerja bot ini.

Pada tanggal 9 Juli 2016 saya mengalami serangan dari bot ini, dengan Pengunjung sekitar 150an saja Page Viewsnya sudah mencapai 5000 lebih oleh karena itu saya sangat kaget denga hal tersebut. setelah itu saya mencari di google mengenai cara mengatasi hal tersebut semuanya mengenai artikel cara mengatasi pada blog blogger atau blogspot.

Saya bingung dan akhirnya saya bertanya ke pihak hosting saya namun saya juga menemukan cara yang sama dan tidak berhasil.

Dan saya dapat menyimpulkan bahwa cara kerja dari bot ini yaitu :

  1. Aplikasi bot di pakai oleh pihak penjahat (Saya bilangnya penjahat)
  2. Setelah itu penjahat mengirimkan pengunjung dan banyaknya page views yang akan di kirimkan ke situs yang mereka incar.
  3. setelah itu aplikasi tersebut menyambung ke internet dan mengirimkan bot ke blog kita, baik ke database, htaccess ataupun ke directory kita, bot ini bekerja dengan cara mereload terus menerus situs sesuai dengan inputa yang dimasukkan penjahat tadi di aplikasi jingling tersebut.
  4. Nah bagaimana bisa masuk sih bot ke blog kita? padahl blog kita sudah diberik keamanan seperti SSL dan beberapa plugin?
  5. Plugin keamanan biasanya ada sebuah fitur yaitu Block User Agent, mungkin fitur user agent tersebut tidak anda aktifkan. dan terus apa kegunaan fitur user agent tersebut? nah ketika kita tidak mengaktifkan fitur ini otomatis blog kita akan menerikma semua BOT yang masuk ke blog kita termasuk bot Google yang berguna untuk merayapi atau mengcrawl blog kita tersebut.
  6. Kegunaan dari fitur ini yaitu memblock semua bot kecuali bot dari mensin pencari seperti google, yandex, bing, yahoo dll. Ingaat!!! jangan sampai anda memblock bot dari mesin pencari ya !
  7. ketika kita sudah mengaktifkan fitur ini otomasi bot dari auto visitor ini tidak akan masuk ke blog kita, nah itu sudah terjawab ya cara mgatasinya 🙂 nah terus bagaimana cara menghentikan auto visitor pada blog yang sudah terlanjur masuk? maksudnya bot tersebut sudah terlanjur masuk? oke tenang saya akan berikan solusinya lagi 🙂 pada point dibawah.

Cara Mencegah dan Mengatasi Bot Auto Visitor WordPress

Bot Auto Visitor – Hello kang, bertemu kembali dengan saya Mamang photography, pada artikel ini saya akan membahas mengenai bot auto visitor yang sudah merajalela dari dulu hingga sekarang, namun akhir akhir ini banyak sekali blog yang terkena bot autovisitor, pada artikel ini saya akan membahas secara tuntas dan tajam, setajam silet :v Berikut cara mengatasi bot jingling tersebut :

1. Pertama anda harus memiliki blog wordpress ya 🙂 ingat ini cara untuk wordpress 🙂  pertama anda download terlebih dahulu plugin wordpress W3 Total Cache , Plugin ini akan membantu anda mencegah serangan bot yaitu dengan mengaktifkan fitur kemanana suer agent tadi.

2. Setelah anda aktifkan plugin tersebut anda masuk ke performance lalu user agent.Cara Mengatasi Bot Auto Visitor WordPress 1

3. Setelah itu aktifkan dan pilih save all setting . pastikan bahwa bot mesin pencari ada disana , agar tetap bisa merayapi blog anda tersebut.

Cara Mengatasi Bot Auto Visitor WordPress 1

Apakah hanya W3 Total Cache? engga bro banyak sekali plugin security yang bisa mengaktifkan fitur keamanan suer agent.

Cara Menghentikan Bot Auto Visitor pada WordPress

Pada point ini yaitu akan menjalaskan mengenai cara menghentikan bot ini kalau sudah terlanjut bot ini masuk ke blog kita tersebut.

1. Pertama anda instal terlebih plugin WP- Statistics , mengapa harus plugin itu kan itu buat melihat pengunjung? ya makek itu untuk mengetahui IP dari pengunjung. nah pengiriman bot itu juga akan menggunakan IP loh gan 🙂 Baca : Cara Install Plugin WordPress

2. Setelah anda instal anda masuk ke statistics lalu ikhtisar.

Cara Mengatasi Bot Auto Visitor WordPress 4

3. Lalu pilih penghitung pengunjung atau page views seperti pada gambar dibawah ini, lalu anda akan diarahkan ke IP pengunjung yang mengunjungi blog anda tersebut. lalu copy IP yang mencurigakan, tapi jangan copy IPmu sendiri 😀

Cara Mengatasi Bot Auto Visitor WordPress 4

4. Lalu anda downloadlagi plugin Wp-Ban dengan tujuan untuk memblock IP dari pengunjung yang mencurigakan atau IP penjahat tersebut 😀

Cara Mengatasi Bot Auto Visitor WordPress 4

5. Lalu pastekan IP Penjahat tersebut, lalu simpan deh 🙂

Cara Mengatasi Bot Auto Visitor WordPress 4

Penyebab dari Serangan Bot Auto Visitor

Adapun penyebab dari serangan bot ini yaitu sudah saya rangkum sebagai berikut :

  • Share link secara sembarangan
  • Ada orang jail atau iri terhadap kamjuan blog kita
  • Adanya Auto Bot pada Inputan Blog orang lain
  • Adanya Auto Bot di Extension Browser,
  • Adanya serangan malware pada hosting atau blog
  • Dan lain sebagainya

Sekrang blog anda aman dari serangan bot auto visitor lagi, kalau suatu hari ada lagi bot auto visitor berarti plugn yang mempunyai user agent anda tidak bagus , silahkan ganti makek plugin lain bro 🙂 tapi kalo cara menghentikan bot tersebut sudah sangat mumpuni 🙂 sekian dulu mengenai cara Cara Mengatasi Bot Auto Visitor WordPress, semoga bermanfaat jangan lupa subscribe Channel Mamang

 

1 KOMENTAR

  1. Terima kasih atas artikelnya..btw selain plugin di atas apa ada lagi gk ya buat mencegah bot visitor..?

Masukkan Balasan

*