Jenis Kepala Tripod Foto dan Video Yang Harus Kamu ketahui

Jenis Kepala Tripod Foto dan Video Yang Harus Kamu ketahui

HTML5 Icon

Memilih Kepala Tripod

Kepala Tripod – Halo para pecinta fotografi dan videografi, ada yang belum punya peralatan tripod? atau bingung dalam memilih tripod yang tepat dengan kebutuhanmu saat ini? sebelum anda pergi ke toko kamera untuk membeli tripod, ada baiknya anda membaca secara menyeluruh artikel ini, karena akan memberikan informasi untukmu mengenai cara pemilihan tripod yang sesuai dengan kebutuhan khususnya pada kepala tripodnya.

Tripod merupakan salah satu aksesoris kamera atau alat stan agar kamera dapat berdiri tegak yang mana akan mengurangi kelelahan fotografer serta mengurangi noise atau blurry pada saat pengambilan foto.

Dalam pemilihan peralatan ini tidak boleh sembarangan karena akan mempengaruhi hasilmu. tripod sangat penting dalam fotografi dan videografi. dalam dunia foto, peralatan tripod dapat membantu mengstabilkan dan menopang kamera anda agar menghasilkan foto yang tidak blurry. yang paling kerasa kalau kameramu memiliki bobot yang cukup berat atau pada saat pengambilan pada sudut yang susah serta pada saat pengambilan hyperlapse atau timelapse, apabila tidak menggunakan tripod mungkin sangat susah.

Sebelum membahas lebih detail mengenai head tripod, ada baiknya anda mengetahui bagian-bagian dalam tirpod dengan melihat ilustrasi gambar dibawah.

Bagian Tripod

Secara umum tripod bagian tripod terdiri dari 4 bagian, yaitu:

  1. Head
  2. Plate/Shoe
  3. Tripod
  4. Section

Oke sekarang kita masuk pada pembahasan utama sesuai judul yaitu kepala tripod, bagian head diantaranya:

Pengunci Tripod

  1. Alas Quick Release (yg menempel pada kamera)
  2. Pengunci Quick Release (ada 2 kunci)
  3. Waterpass bagian Quick Release
  4. Ballhead
  5. Pengunci Ballhead
  6. Tangkai vertikal

 

Ball Head

Ball Head

Kepala Tripod – Jenis kepala tripod Ball Head menggunakan mekanisme sederhana pergerakan bola dan soket sehingga memungkinkan kamera bergerak dalam orientasi manapun. Keuntungan utama jenis ball head adalah karena menggunakan mekanisme simpel, maka biasanya jenis ball head sangat stabil. Begitu posisi sudah terkunci, maka kamera akan benar-benar anteng dan tidak mengangguk-angguk lagi.

Baca Juga: Jenis Sensor Kamera

head ini tidak cocok dengan pengguaan dalam dunia videografi, karena tidak dapat menghasilkan pergerakan yang dinamis melainkan lebih cocok pada pengguaan static yaitu fotografi.

Perlu diperhatikan dalam memilih jenis head ini yaitu kekuatan tangkai head dan penguncinya karena kalau pengunci bolanya tidak kuat bisa membuat kamera jatuh bahkan porosnya akan berputar.

Fluid Head (Two Way)

Fluid Head Tripod

head ini lebih cocok untuk penggunaan dalam dunia videografi, pergerakan kamera akan semakin halus tanpa pergerakan yang patah-patah.

Pergerakan head ini bisa panning, dan juga tilting, namun biasanya harganya cukup mahal sekitar 1 juta hingga 4 jutaan tergantung merk dan kualitasnya. Kalau kalian hanya untuk fotografi sebaiknya beli yang ballhead saja karena harganya lebih murah dibandingkan fluid.

Pant Tilt head

Pan Tilt Head

Berbeda dengan kedua head sebelumnya, jeni kepala tripod ini lebih kearah foto dan video, melainkan kehalusan dari pergerakannya tidak sehalus fluid head.

Namun jarang sekali orang menggunakan tipe ini. menurut saya head ini lebih cocok untuk fotografi produk dalam ruangan, karena membutuhkan berbagai arah sudut pemotretan.

Gimbal Head

Gimbal Head

Kepala tripod ini sangat cocok untuk lensa besar dan berat misalnya untuk foto satwa liar. keuntungannya lebih mudah dalam mengarahkan kamera yang cukup berat.

HTML5 Icon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *