Fungsi Gambar Teknik untuk Ahli Teknik – Gambar Teknik

Fungsi Gambar Teknik untuk Ahli Teknik

Fungsi Gambar Teknik untuk Ahli Teknik -Yuhu bertemu lagi bersama kami Mamang photography , pada postingan ini saya akan mecoba membahas mengenai Gambar Teknik , yuhu mari kita bahas satu persatu dari awal ya gan . gambar teknik itu sangat penting untuk para Ahli teknik , Gambar Teknik juga sangat penting bagi mahasiswa yang masuk jurusan seperti Teknikk Industri , Teknik Mekatronika , Teknik Elektro dan perkapalan dll . Gambar Teknik Sangat Penting !


Gambar Teknik sebagai Bahasa Teknik

Gambar teknik merupakan alat untuk menyatakan suatu ide seseorang atau gagagsan ahli teknik . oleh karena itu gambar teknik sering juga disebut sebagai bahasa teknikatau bahsa bagi para ahli teknik. sebagai bahasa teknik , gambar teknikk tentunya bisa meneruskan keterangan-keterangan secara tepat dan objektif  , nah dalam hal bahasa tentunya kita kenal dengan aturan aturan bahasa , sama halnya dengan gambar teknik . Gambar Teknik juga memiliki atura aturan , yang biasa disebut standar teknik (aturan menggambar)  . dengan demikian standar gambar juga bisa disebut aturan atau tata bahasa menggambar teknik , nantinya standar teknik akan mengatur cara penyampaian keterangan-keterangan melalui gambar agar dapat dijadikan sebagai alat komunikasi , seperti halnya bahasa atau tulisan
 
Fungsi Gambar Teknik
 
Gambar teknik sebagai suatu bahasa teknik mempunyai tiga fungsi penting , yitu untuk menyampaikan informasi , sebagai bahan dokumentasi, menuangkan gagasan untuk pengembangan .
 
1. Menyampaikan informasi
Pada permulaan industri, perencanaan dan pembuatan benda benda teknik dilakukan oleh orang yang sama , sebelum benda dibuat , dirancang dahulu dalam bentuk gambar dalam hal ini , gambar hanya sebagai alat berpikir atau sebagai konsep dari gagasan si pembuat.  setelah industri semakin berkembang , perencana dan pembuat tidak lagi merupakan satu orang yang sama , tetapi menjadi dua pihak yagn berbeda. mungkin saja berbeda perusahaan , bahkan berbeda negara . dalam hal ini gambar berfungsi sebagai alat untuk menyampaikan informasi dari pihak perencana atau perancang kepada pihak pembuat. dalam suatu proyek Gambar Teknik sangatlah penting , yang menerima informasi berupa gambar sebenernya bukan hanya operator , tetapi masih ada beberapa pihak lain bersangkutan , misalnya bagian perancangan proses produksi , bagian pengontrol selama produksi , perakitan, bagian servis dan sebagainya. 
 
2. Bahan Dokumentasi , Pengawetan dan Penyimpanan .
Gimana sih kok Gambar Teknik berfungsi seperti itu , haha tenang bro berikut penjelasannya , Gambar Teknik merupakan dokumenyang sangat penting dalam suatu perusahaan industri , dimana data teknis mengenai suatu produk tercantum secara padat disana. dengan demikian, gambar berfungsi sebagai bahan dokumentasi , mendokumentasikan gambar , berarti pula mengawetkan dan menyimpan gambar itu untuk dipergunakan sebagai bahan informasi bagi  rencana-rencana baru di kemudian hari. 
 
Gambar teknik
3. Menuangkan gagasan untuk pengembangan .
Gagasan seoran perancang untuk mrembuat benda-benda teknik mula-mula berupa konsep abstrak dalam pikirannya, konsep abstrak itu kemudia dituangkan  dalam bentuk gambar (biasanya berupa sketsa). Dalam hal ini gambar berfungsi sebagai penuang gagasan perancang dari konsep abstraknya. bagi perancang sendiri , gambar tersebut sekaligus berfungsi meningkatkan daya pikirnya. 
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

*