Pengalaman Meningkatkan Pendapatan Bisnis dengan Strategi Digital Marketing

Pengalaman Meningkatkan Pendapatan Bisnis dengan Strategi Digital Marketing

Abah Competition

Digital Marketing – Berbicara mengenai pemasaran memang tiada habisnya, zaman dulu seorang pembisnis untuk memperkenalkan produknya melakukan tinjauan pasar secara langsung dengan melakukan observasi atau penelitian berdasarkan wilayah dan penduduk untuk mengetahui pasar mana yang sesuai dengan produknya sehingga banyak yang tertarik dan membeli. kadang perlu lebih intens dalam memperkenalkan produk yang dijual tersebut seperti dengan door-to-door ke rumah warga.

Berbeda dengan era saat ini yang semuanya telah beralih ke era digital dimana semua transaksi, riset pasar hingga promosi sudah dilakukan secara online, sehingga saya pun juga memikirkan strategi marketing yang berbeda pula.

Pada artikel ini saya mempersembahkan cerita pengalaman dalam dunia bisnis online mulai dari blogging, hingga meningkatkan pendapatan bisnis dengan cerita yang ringkas dan informatif.

Mengapa harus dunia bisnis online

Dunia internet sudah dikenal sejak tahun 1982, semakih hari dunia internet semakin merambah ke semua kehidupan manusia, semua kalangan mulai dari adek saya yang berumur 7 tahun hingga kalangan lanjut usia sudah mengenal dunia internet bahkan aktivitas seperti transaksi jual beli dipasar sudah digantikan dengan belanja online di toko online.

Para pelaku bisnis pun juga harus segera memikirkan strategi untuk memasarkan produknya, saya selaku pelaku bisnis, sejak tahun 2012 sudah mengenal dengan dunia blogging, meski masih dalam tahap belajar mulai dari buat blog dengan blogger.com, mengubah template dan lainnya, dan memutuskan untuk promosi dengan website/blog.

Internet

Digital Marketing – Awal mula saya masuk ke dunai internet dikarenakan sudah maraknya promosi online yang lebih dahsyat dibandingkan promosi offline, oleh karena itu saya sebagai pelaku bisnis harus segera berinovasi dalam hal peningkatan promosi, serta ada beberapa hal yang menjadi alasan saya dalam memilih dunia online (internet) dalam memasarkan produk.

1. Pengguna Internet Banyak

Pengguna internet semakin hari semakin meningkat data 2016 berdasarkan riset APJII yaitu 51,8% penduduk Indonesia sudah menggunakan internet atau sekitar 132,7 juta orang, bayangkan apabila kita selaku pebisnis melakukan promosi pada jumlah tersebut, apakah tidak mungkin? didunia internet sangat memungkinkan bahkan kita bisa dalam beberapa menit saja mempromosikan produk yang kita jual.

 2. Mencakup Seluruh Dunia

Kalau kita memasarkan produk di sebuah pasar offline, kemungkinan produk kita yang laku yaitu sekitar banyak pengunjung yang datang ke pasar tersebut, itupun kalau ada yang beli. berbeda dengan internet bahkan semua penjuru dunia dapat melihat dan membeli produk yang ktia tawarkan, tergantung seberapa tertarik dan butuh pembeli dengan produk yang kita pasarkan tersebut.

3. Waktu & Tempat

Waktu & tempat yang fleksibel menjadi alasan saya beralih ke dunia internet dalam memasarkan produk yang dijual, disamping itu saya juga bisa melakukan aktivtas lainnya seperti blogging hingga nongkrong bareng temen. Berbeda dengan jualan offline harus selalu waspada agar jualannya gak di gondol maling hehe.

4. Promosi Mudah

Sama halnya dengan bisnis offline, online pun ada promosinya, namun lebih mudah dan lebih menantang, promosi yang saya terapkan dalam bisnis online saya yaitu promosi terbaik berdasarkan pengalaman, dan akan dipaparkan pada subtopik selanjutnya.

 5. Modal

Biaya yang dibutuhkan dalam berbinis online jauh lebih kecil dibandingkan offline, sebagai contoh penyewaan toko dalam bisnis offline sekitar 20 juta/tahun di Mall Royal Plaza, Surabaya. Sedangkan biaya operasional website/marketplace yaitu sekitar 200 ribu/bulan atau sekitar 2,4 juta/tahun.

Apa yang bisa dilakukan dalam bisnis online

Perjalanan saya didunia bisnis online lumayan memberikan petunjuk akan passionku, mulai dari jualan dvd game/software, menjual jasa dan produk fashion, dropship dari beberapa marketplace, hingga ngeblog yang berjalan hingga saat ini, sekaligus menjadi sumber pendapatan.

Bisnis Online

Dari 7 bisnis online yang diperlihatkan pada infografis diatas, ada 4 jenis bisnis online yang saya jalankan hingga saat ini, yaitu blogging, jualan, youtuber, dan dropshipper. 4 jenis bisnis online itu saya jalankan secara bersamaan dan terus berjalan hingga sekarang.

1. Blogger

Awal ngeblog yaitu ketika kelas 3 SMP sekedar ingin tahu dan menyelesaikan tugas dari guru TIK yang menugaskan untuk membuat blog dan mendesain blognya dengan berbagai aksesoris seperti widget jam, ngubah kursor alay, dll. Beranjak naik ke kelas 1 SMA, bersama 4 orang teman kelas (Kelas IT) yang memiliki kesukaan sama yaitu dunia internet, bermodal skil seadanya dengan blog yang gratisan hanya membeli sebuah domain, kami pun memberanikan diri untuk bersaing didunia bisnis online menjual DVD Software/Game dan ngeblog (Nulis seadanya sesuai kesukaan). Saat itu laku sekitar 60 DVD atau sekitar 720.000 (12.000/DVD). Lima bulan berjalan kami mulai malas karena tak ada produk yang terjual lagi dan ditambah dengan banyaknya tugas.

Perjalanan ngeblog

Hampir dua tahun kami berhenti ngeblog, dikelas 3 SMA akhir (selesai UN), saya mulai fokus kembali ke dunia blogging yaitu mulai mengurus blog yang dulu, perlahan saya belajar mengenai teknik meningkatkan pengunjung blog.

Tepat pada Februari 2015 saya mengenal dunia SEO dimana teknik ini membuat blog saya mulai menapaki halaman pertama dan kedua si Google. Seiring berjalannya waktu saya beralih dari blogger ke wordpress (self hosting), tujuannya yaitu memudahkan dalam SEO Onpage. Satu bulan menggunakan wordpress, blog saya diterima oleh Google Adsense, pertamanya cuman denger’ dari temen sosial media mengenai adsense tersebut, meski sudah 3 kali blog saya ditolak oleh si Google, dan akhirnya diterima.

 Tahap selanjutnya saya terus mengejar target pengunjung, “Pengunjung Tiap Bulan Naik!!” itu saya tekankan dalam diri saya, awalnya cuma dapet $0,9 pembayaran pertama Google, rupanya kata-kata yang terus saya tekankan dalam diri yaitu (Pengujung terus naik) akhirnya terwujud dengan bantuan teknik SEO. Pengunjung naik, penghasilanpun ikut naik, hingga pada penghasilan Juli 2015 saya mendapatkan $253 dan terus naik. Tepat pada 22 November saya melakukan PO (Payout) dengan Western Union di kantor POS dengan pendapatan total $EmpatDigit.

Apa yang selanjutnya saya lakukan setelah pengunjung naik dengan teknik SEO? yaitu mulai membangun bisnis lainnya, membangun membership web untuk pembelajaran multimedia dan bisnis online [Like This], ada beberapa marketplace seperti urbanindo, carmudi, Blibli, Sribu, Excite mengajak kerjasama Job Blogger berupa content placement.

2. Youtuber

Tahun 2015 Februari saya mendaftar youtube, awalnya cuma mau membuat video viral dengan menanamkan link yang diarahkan ke blog utama (teknik SEO), lama kelamaan ketagihan membuat video tutorial dan mencoba mendaftar adsense hosted, tapi kadang saya bosen dengan video tutorial yang saya buat (no face).

saya memutuskan masuk ke dunia youtuber dengan membeli perlengkapan membuat video seperti kamera canon 80D, Tripod, Mic, Slider, Lensa Film, Layar, Stabilizer, Camera Rig hingga total $EmpatDigit, dengan menggunakan penghasilan dari blogging, tujuannya mau investasi di peralatan filmmaking tools sekaligus menjadi video creator untuk youtube. Seperti halnya ngeblog, ngeyutube juga perlu promosi yaitu dengan teknik mirip SEO Blog serta promosi dengan akun sosial media yang lagi ngehits.

 3. Dropshipper

Saya sangat suka dalam dunia bisnis, saking sukanya waktu luang yang sedikitpun saya sulap jadi waktu berbisnis yaitu dropship, memang itu mirip dengan jualan seperti biasanya, tapi tantangan sebagai seorang dropshipper yaitu harus pinter dalam mencari supplier yang terpercaya dan aman dalam pengirimannya.

Cara saya dalam dropship yaitu pertama mencari supplier di marketplace yang terpercaya lalu memfilter harga terendah, lalu di publish di toko online yang saya punya dan akun instagram yang di khususkan untuk online shop.

Selain teknik SEO yang saya terapkan pada web toko online, saya juga memasang (menyelipkan) iklan di blog utama, topik artikel dan produk harus memiliki keterkaitan.

Sistem Dropship

4. Jualan

Meneruskan bisnis orang tua, sebagai pelaku bisnis saya menyarankan dan membantu melakukan promosi online secara intens dengan teknik SEO dan Adsvertising.  Tapi ya itu bisnis orang tua, dan saya mulai memikirkan bisnis lain lagi, tapi yang masih dalam dunia online, dan saya memutuskan untuk menjual DVD Tutorial dari Web Membership yang saya buat sebelumnya.

Bermodalkan blog yang sudah memiliki banyak pengunjung dan landing page [Like This] untuk promosi, saya memulai mempromosikannya dan sampai saat ini sudah sekitar 240 orang yang beli, untuk lebih meyakinkan pembeli yang lain saya membuat page khusus untuk resi pengiriman [Like This] dan testimonial [Like This].

Bagaimana cara promosi online terbaik

Bagaimana saya memperoleh pendapatan sebesar itu? Selain konsisten dan yakin, hal paling penting yaitu promosi, banyak pembisnis online gagal karena menyangka bahwa mereka gagal dalam berbisnis, padahal belum tentu, mungkin tingkat promosi kurang atau menggunakan teknik promosi yang salah. Pada subtopik ini saya akan memaparkan promosi atau digital marketing yang saya terapkan agar memperoleh banyak traffic sehingga meningkatkan pendapatan.

Promosi Terbaik

Disini saya asumsikan pada pengalaman untuk dunia blogging saja (bukan bisnis lain ex. youtuber, dropshipper dll), mengapa hanya dunia blogging? karena kalau blog sudah banyak pengunjung, kita bisa dengan mudah mengarahkan pengunjung ke beberapa sosial media atau bisnis kita yang lain.

SEO

Hehe ini topik yang paling saya senang untuk diceritakan, banyak sekali teknik seo yang dapat meningkatkan peringkat di halaman mesin pencari khususnya google, agar pembaca memperoleh ilmunya mohon simak secara seksama jangan baca secara skip-skip ya.. Tujuan utama SEO yaitu mendatangkan pengunjung yang sesuai dengan target. oleh karena itu saya memikirkan bagaimana cara menduduki peringkat halaman pertama Google sesuai keyword.

SEO ONPAGE

SEO ONPAGE

Konsep utama SEO yaitu (Konten + SEO On Page) + Offpage, Oleh karena itu saya menekankan dalam membangun konten yang berkualitas, struktur dan navigasi yang jelas sehingga meningkatkan kepuasan visitor. Untuk itu saya menerapkan Content Marketing + SEO ONpage dalam sebuah konten.

a. Konten/Kata

Kata dalam artikel yang direkomendasikan oleh YOAST Plugin yaitu 300 Kata, namun saya membuat artikel minimal 800 kata, alasannya yaitu agar bounce rate rendah, sehingga berdampak menurunnya kualitas web kita di mata mesin pencari. Yang saya terapkan bukan hanya ini yaitu bagaimana agar pengunjung puas dengan konten yang saya buat tersebut. kalau informasi yang saya sampaikan masih panjang,  saya terus menulisnya hingga lebih dari 2500 kata.

b. Title Tag/ Judul

Judul memang sangat penting, kenapa? karena ketika visitor melakukan pencarian di mesin pencari yang pertama kali dilihat yaitu judul, url dan deskripsi, oleh karena itu saya menggunakan judul yang dapat menarik perhatian visitor agar memperoleh peluang klik yang lebih banyak. untuk menunjang SEO, saya menyertakan kata kunci yang saya incar didepan Judul.

c. URL

Didunia blogging sering diistilahkan permalink. Saya meletakkan kata kunci di url artikel yang dibuat, tentunya dengan kata yang singkat dan sesuai Contoh : mamanggraphic.com/optimasi-blog

d. Keyword

Kerapatan penempatan keyword dalam sebuah konten perlu diperhatikan juga, biasa dikenal keyword density, dimana peletakan keyword (kata kunci) tidak terlalu banyak atau tidak terlalu sedikit karena dapat dianggap sebagai BlackHat SEO, biasanya kalau di Yoast Plugin saya menerapkan sekitar 2-3% Keyword density. Tidak lupa meletakkan keyword di Title Tag, Deskripsi, URL, Tag, tag h1 dan h2.

 e. Meta Description

Dulu sejak saya menggunakan blogger memang tidak ada form khusus untuk membuat deskripsi, melainkan secara otomatis akan mengambil di 100 kata pertama pada artikel blog yang dibuat. Namun setelah saya menggunakan wordpress dengan bantuan Yoast Plugin dapat dengan mudah membuat deskripsi yang diinginkan. Dan tidak lupa saya juga meletakkan keyword yang saya incar serta memilih kata yang dapat menarik pengunjung.

f. Gambar

Gambar tidak hanya mendukung dalam kenyamanan membaca pengunjung, melainkan dapat menunjang SEO Onpage dengan menggunakan gambar dengan kualitas yang bagus min 500 pixle, untuk itu saya membuat infografis dan video untuk mendukung media serta menyertakan tag ALT yang berisikan kata kunci.

g. Kecepatan Loading

Semakin cepat loading blog, semakin puas dan betah pengunjung mencari-cari artikel dalam website, untuk itu saya melakukan optimasi pada struktur blog, dengan mengurangi komposisi file .js di head serta mengkompres media seperti gambar agar ukuran bitratenya semakin kecil, kalau pada wordpress biasanya saya menggunakan plugin smush.

h. Social Sharing

berikan sosial sharing pada artikel yang kita buat, hal itu menjadi salah satu faktor seberapa bagus konten yang kita buat, logikanya apabila pengunjung blog baca konten kita dan puas otomatis dia akan share ke media sosial yang mereka punya, biasanya sih begitu. Jadi semakin banyak share yang saya dapat, maka reputais artikel dan blog saya semakin bagus di mata mesin pencari.

i. Out dan Inbound Link

Outbound link yaitu link yang mengarah ke web orang lain, biasanya saya merujuk beberapa kutipan dari web yang memiliki reputasi baik, DA yang tinggi dan konten yang berkualitas, diibaratkan sebuah buku itu seperti daftar pustaka. Sedangkan Inbound link yaitu seperti related artikel, tapi biasanya saya membuat link manual yang diarahkan ke konten yang menurut saya sesuai. Ingat! Pastikan semuanya DoFollow Link.

SEO OFFPAGE

SEO OFFPAGE

Tak cukup hanya mengoptimasi dari dalam, perlu meningkatkan popularitas dari luar juga yaitu dengan link building. ada beberapa teknik SEO yang saya gunakan untuk mengoptimasi blog dari luar, tapi intinya yaitu mengincar link do follow dari blog lain menuju blog utama.

Untuk mendapatkan beberapa web yang dapat ditanamkan link yaitu menggunakan sebuah website seperti Drop My Link, tapi harus pinter milih blog mana yang memiliki DA tinggi, bisa dengan bantuan Extension atau Addon Browser. Biasanya saya memasukan kata kunci, pilih kategori blog submissionnya, lalu cari FOOTPRINT, setelah itu tinggal pilih deh blog yang sesuai.

a. Social Bookmarking

Biasanya saya menggunakan 10 Social Bookmark luar negeri (Stumble, Diggo, Delicious) dan 15 Social Bookmark dalam negeri untuk menanamkan link, biasnaya fiturnya hanya memasukkan Judul, Link Rujukan (link blog), sedikit deskripsi mengenai link yang digunakan sebagai rujukan.

b. Sosial Media

Rujuan utama yang saya gunakan dalam sosial media yaitu facebook, google+ dan twitter, teknik yang saya gunakan yaitu dengan meletakkan link blog di notes fanspage, tapi hati-hati jangan sampai dianggap spam.

c. Web Directory

Memang susah mencari web directory yang bisa di tanamkan link, tapi saya hanya menggunakan web directory luar negeri karena banyak yang memiliki peringkat yang bagus.

d. Situs Forum (Forum Submission)

Agar artikel yang kita buat bisa di setujui oleh admin di situs forum, biasanya saya selalu aktif dalam forum serta membuat artikel panjang dan dapat bermanfaat nah di sela sela itulah saya menanamkan link dengan achor text sesuai target keyword.

e. Article Submission

Untuk artikel submission mudah dicari tapi masalahnya dalam artikelnya, saya perlu membuat artikel yang berbeda dengan konten artikel, agar tidak dianggap spam oleh mesin pencari yaitu saya mengarahkan ke link blog A, lalu dari blog A saya menanamkan link ke blog utama.

f. Guest Blogging dan BlogWalking

Ini yang paling populer dikalangan blogger, BW BW dan BW, tapi inget jangan saling tukar menukar link dengan topik berbeda karena itu juga dianggap sebagai spam oleh Google, teknik yang saya gunakan yaitu meminta pemilik blog untuk saling menyisipkan link blog kita yang sesuai dengan topik artikel saya.

g. Komentar

berkomentar di blog memang dianggap mudah, tapi menurut saya itu susah karena perlu persetujuan, kadang dianggap spam oleh pemilik blog serta yang paling menjadi masalah yaitu tidak terindex oleh mesin pencari, oleh karena itu saya mencari artikel baru untuk dikomentari.


h. Blog Competition, Blog Post Campaign

Kalau tidak ingin ribet saya sarankan untuk menggunakan jasa Agency dimana akan memanage semua digital marketing yang kalian butuhkan, seperti membuat acara blog competition, blog post campaign, biasanya agency tersebut sudah memiliki partner blog yang berkualitas dan terpercaya sehingga link DoFollow yang masuk ke blog utama kita adalah backlink berkualitas yang dapat meningkatkan reputasi baik di mesin pencari.

i. PBN, Jasa SEO

Blog Zombie memang menjadi andalan para blogger, banya blogger yang pamer di sosmed akan kehandalahannya menggunakan PBN, padahal artikelnya tidak berkualitas. pengalaman saya menggunakan PBN, memang akan meningkatkan peringkat, tapi itu juga yang membuat reputasi blogku yang dulu semakin buruk, karena dianggap sebagai spam oleh google. setelah lebih mengenal SEO, saya pun memahami kegunaan PBN harus sewajarnya itupun harus memilih blog yang memang sudah berumur dan memiliki reputasi baik.

Cara Terakhir yaitu menggunakan jasa seo, tapi hanya sebagai saran bila menggunakan jasa seo perlu mengetahui tingkat kepuasan pelanggan jasa tersebut, kalau banyak pelanggan yang puas silahkan saja menggunakan jasa tersebut.

ADSVERTISING

Ini cara mudah mendatangkan pengunjung, tapi kadang ya gak berlangsung lama, karena pengunjung yang datang ke blog hanya ketika melihat iklan yang kita pasang tersebut. untuk urusan adsvertising saya ngiklan di blog orang lain yang memiliki DA tinggi serta reputasi baik di mesin pencari, harganya lumayan sekitaran 200.000/bulan, tapi biasanya berbeda tiap lokasi pemasangan iklannya. Kenapa saya tidak menggunakan Google Adsword atau Facebook Ads? karena saya hanya mempromosikan blog bukan sebuah produk, kalau ingin menarget sebuah pasar yang pas, kita bisa menggunakan google adsword karena sesuai target market produk yang kita jual.

SOAIAL MEDIA MARKETING

4 Sosial media yang menjadi andalan saya dalam mempromosikan blog, yaitu Facebook, Google+ Twitter, dan Instagram (Opsi). Biasanya saya menyebar link ke grup facebook yang sesuai dengan topik artikel (jangan spam), selain itu saya membuat kuis kuis menarik ke grup-grup facebook untuk mengarahkan anggota grup agar ngelike fanspage facebook saya, saat ini sudah sekitar 22.000 likes dan 34.000 likes (akun kedua) serta memposting link artikel di fanspage tersebut dimana memudahkan saya memperoleh traffic dari facebook (Hati-hati jangan spam dan keseringan, biar gak ke block).

Google+ milik google, untuk menunjang SEO, saya menggunakan sosmed ini meski kurang hits, tapi bisa mendatangkan pengunjung dan memberikan citra baik blog kita di mesin pencari, dengan memanfaatkan grup-grup yang ada (cari anggota grup yang banyak).

Untuk di twitter saya memanfaatkan Hastag yang lagi ngetrend, tapi harus menyesuaikan dengan topik artikel yang kita buat juga, karena sering sekali diabaikan oleh pengguna twitter yang lain jika link yang kita sebar itu tidak ada keterkaitannya dengan Hastag yang Ngetrend. Tapi kalau kalian males buat nyebar link atau optimasi blog dengan sosial media, bisa pakai Agency Jasa Social Marketing Jakarta

CONTENT MARKETING

Poin ini yang paling penting di dunia blogging, yaitu konten, tanpa konten apalah arti sebuah blog. karena saya disibukkan dengan tugas kuliah yang kadang numpuk, ya maklum anak teknik industri, saya kadang telat membuat artikel bahkan kadang tidak membuat sama sekali, oleh karena itu perlu adanya pihak lain yang membantu saya dalam membuat artikel, biasanya saya menggunakan Agency Jasa Penulis Artikel, untuk masalah harga biasanya disesuaikan berdasarkan panjang kata, SEO Friendly, Copywriting, Bahasa.

OFFLINE MARKETING

Selain mempromosikan secara online, strategi saya dalam mempromosikan blog yaitu dengan mengikuti berbagai acara seperti pameran dan stand, menggunakan X-banner yang di letakkan di depan stand, banyak yang dateng ke stand saya untuk saling sharing mengenai dunia blogging, kadang juga ada yang cuma makan-makan doang.

Selain itu, saya membuat kartu nama yang tertera beberapa akun sosia media dan blog saya tersebut. Sebagai contoh kemaren saat saya mengikuti acara Happy Hour Youtuber di Surabaya, ada beberapa youtuber lain yang menanyakan kartu nama. Dengan kartu nama kita tidak perlu lagi menjelaskan siapa kita, apa blog kita, apa akun sosial media kita, cukup memberi selembar kartu nama semuanya akan Jelas, haha!

VIDEO MARKETING

Melanjutkan cerita saya menjadi youtuber, awal mulanya cuma ingin menanamkan link untuk diarahkan ke blog utama, mengapa bisa begitu? ya alasannya untuk mendatangkan pengunjung dari youtube ke blog, caranya cukup simple yaitu membuat video yang sesuai dengan topik artikel, mengisi Title Tag, Description, Tag, tag tersebut berisikan keyword yang diincar. Memang sih tidak terlalu berpengaruh pada SEO Offpage, tapi setidaknya dapat mendatangkan visitor sekaligus menjadi sumber datangnya visitor.

Kadang saya juga melakukan promosi produk di Youtube dengan memberikan review, unboxing hingga melakukan penawaran lalu pengunjung youtuber diarahkan ke toko online bagi yang ingin membelinya, riset membuktikan orang lebih tertarik dengan Video (Visual) dibandingkan dengan teks.

EMAIL MARKETING

Mungkin teknik ini masih belum banyak yang tau, tapi sebenernya disaat membuka marketplace, blog dan situs berita kalian akan sering menjumpai form pendaftaran email, itulah yang akan menjadi jurus seorang internet marketer termasuk saya. Cara saya dalam membuat form tersebut dengan mamanfaatkan plugin wordpress, namun dengan menerapkan Lead Magnet dan Mengimingi Produk Gratis dll, alasannya karena Lead Magnet lebih mumupuni menarik subscriber email marketing kita.

Setelah mendapatkan email list yang banyak, kita dengan mudah melakukan brodcas dan secara otomatis akan terkirim ke semua email list tersebut, teknik cukup mumpuni dalam penjualan dan meningkatkan pengunjung blog.

bagaimana cara strategi digital marketing dengan mudah

Membutuhkan waktu lama untuk menerapkan teknik digital marketing yang saya terapkan tersebut, butuh waktu dan energi untuk mempelajari dan menerapkan ke bisnis yang baru mulai, sebagai contoh penerapan SEO, Membuat Artikel, hingga sosial media marketing. Tapi tidak usah khawatir kalau bisnis anda ingin cepat meningkat serahkan saja pada Agency Digital Marketing Jakarta yang akan membantu dalam peningkataan traffic sekaligus meningkatkan bisnis yang anda punya.

Abah Digital Marketing Specialist

Apa Agency Digital Marketing? merupakan sebuah penyedia jasa kampanye (campaign), dimana membantu perusahaan yang membutuhkan promosi intens dan keahlian spesifik dalam dunia digital marketing. ABAH Digital Marketing Specialist hadir untuk bisnis anda dengan pelayanan berkualitas dan terpercaya.

  • Build Your Brand Awearness
    Build Your Brand Awearness

Product & Services

1. Article Production

Article Production

Sebuah layanan yang memberikan kemudahan terkait konten menajemen bisnis anda, seperti membuat artikel yang SEO Friendly, dengan teknik Copywriting yang lebih menarik perhatian pembeli, tentunya sesuai dengan kebutuhan konsumen.

2. Blog Post Campaign

Blog Post Campaign

Merupakan layanan yang akan membantu SEO Offpage dari situs bisnis yang anda punya, dengan menanamkan link pada blog yang sesuai dengan Niche, dan DA yang tinggi. sehingga akan meningkatkan peringkat blog di mesin pencari.

3. Jasa Sosial media

3. Jasa Sosial media

Merupakan layanan yang akan membantu perusahaan dan bisnis anda semakin dikenal orang serta memiliki follower yang banyak dan aktif. Terutama pada sosial media yang ngehits dan populer yaitu facebook, twitter, Google+, instagram.

4. Offline Marketing Campaign

Offline Marketing Campaign

Merupakan layanan yang akan membantu bisnis anda untuk menemukan strategi marketing terbaik serta bisa merencanakan event offline sesuai dengan kebutuhan bisnis anda dengan menyanding banyak blogger yang berkualitas.

Sebenarnya pada setiap poin cara promosi yang saya terapkan diatas masih banyak teknik yang belum saya jelaskan secara detail. Dan masih banyak istilah serta ilmu lain yang masih belum saya sampaikan kepada pembaca yang budiman ini, karena keterbatasan halaman sudah hampir 3500 kata saya tulis untuk menceritakan pengalaman, tak ada yang saya harapkan pada pembaca selain kemanfaatan, semoga bermanfaat dan menginformasi atas cerita pengalaman digital marketing saya.

Blog-Writing-Competition-300x300

23 KOMENTAR

  1. Terima kasih mas penjabarannya lengkap, terutama dibagian masalah seo, agency yang disebutkan diatas terpercaya gak?

  2. Jatuh cintaaaa, sangat informatif banget, infografisnys keren masss.

  3. Waah akhirnya master blog kembali buat artikel, sekali buat artikel langsung josss.. gaya penulisannya mantep

  4. Infografisnya sangaatt membantu om, tengkiyuu bahasannya lengkap dan ringkess

  5. Mas kayaknya sampean punya banyak blog ya? kemaren sy bli di tko online ternyata ada link yg diarahkan ke web ini..

  6. Josss recomended banget!! udah 4 bulan jadi member mas mamang tak pernah mengencewakan, konten video bisnis onlinenya selalu update tiap minggu ! Josss, Mantappp

  7. Kalau saya promosinya paling mudah pakai fanspage facebook. Saya pasang banner besar besar berukuran 13×5 cm di background halamanya. Jadi begitu ada orang yang melihatnya, maka yang pertama kali di lihat adalah banner yang berisi nomor kontak saya seperti WA dan BBM, dan ampuh juga karena dagangan saya laris berkat fanspage ini.

    Btw infografisnya keren

  8. Mantap artikelnya.

    Saya save blognya di Feedly ah.
    Infografisnya bagus, jadi makin terpacu untuk bikin konten yang bagus kayak gini.

Masukkan Balasan

*